Oleh: Moh. Anis Romzi

Ini adalah kompetensi wajib Kepala Sekolah yang harus dimiliki. Supervisi pendidikan. Kepala sekolah perlu mengembangkan kapasitas diri secara berkelanjutan. Supervisi pendidikan bukanlah benda mati. Ia senantiasa mengalami perbaikan secara terus-menerus. Paling sedikitnya supervisi dilakukan satu kali dalam satu tahun pembelajaran.

Sebagai upaya yang disengaja pendidikan harus dipantau Keterlaksanaan dan kualitasnya. Pendidikan adalah masa depan sebuah bangsa. Itu mengapa ia harus diurus dengan sungguh-sungguh. Salah satu kendali mutu pada pendidikan adalah supervisi pendidikan. Ini adalah kendali internal di tingkat satuan pendidikan. Jika ini terlaksana secara simultan mutu yang diharapkan dapat tercapai untuk mewujudkan harapan.

Supervisi bukan untuk menghakimi atau mencari kesalahan pendidik. Supervisi beroreintasi pada kualitas pembelajaran dan peningkatan capaian kompetensi lulusan. Supervisi adalah upaya tumbuh bersama menjadi profesional. Dengan supervisi ini diharapkan sekolah menjadi Komunitas Pembelajar Profesional. Di mana setiap orang yang ada di dalamnya saling belajar dan memperbaiki diri secara berkelanjutan.

Supervisi terencana memberikan semangat kepada pendidik untuk mengembangkan kompetensi profesional. Pentingnya supervisi perlu diketahui dan dipahami seluruh pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah. Pada tahap perencanaan ini disampaikan hakikat, manfaat dan tujuan supervisi pendidikan dalam peningkatan kualitas pembelajaran.

Bentuk-bentuk aktivitas supervisi pendidikan. Pemantauan dan kunjungan kelas. Dalam melakukan supervisi kepala sekolah wajib memiliki modal pengetahuan dan keterampilan. Bukan sekadar emosional semata. Supervisi pendidikan adalah pekerjaan profesional Kepala Sekolah. Ia harus dilaksanakan secara sistematis dan terukur. Ini dimaksudkan agar komponen pengawasan mutu dapat berjalan. Kepala sekolah wajib melaporkan kegiatan supervisi akademik kepada pengawas sekolah.

Hasil informasi dari supervisi digunakan sebagai acuan untuk pengembangan diri bagi pendidik secara berkelanjutan. Data supervisi dapat berupa kuantitatif maupun kualitatif. Keduanya sama pentingnya sebagai bahan pengambilan keputusan pada tahap tindak lanjut. Data yang dihasilkan dianalisis secara seksama demi validasi data yang sahih. Kualitas data hasil supervisi menentukan hasil yang dicapai pada setiap proses supervisi pendidikan di sekolah.

Kendala-kendala yang sering muncul dalam supervisi pendidikan. Ketepatan waktu antara rencana dan pelaksanaan salah satunya. Ini terjadi karena seringnya kegiatan di luar jadwal yang direncanakan. Keterlaksanaan supervisi akademik terkendala. Ini berakibat pada penjadwalan ulang. Selain itu kesiapan pendidik yang di supervisi juga ada. Ketika jadwal bergeser banyak dari mereka yang mengeluh. Namun secara umum bahwa supervisi akademik tetap harus dapat dilaksanakan.

Setiap usaha mencapai kemajuan memerlukan kerja keras. Setidaknya dalam pelaksanaan supervisi pendidikan memerlukan beberapa instrumen. Instrumen itu berupa daftar isian (cheklist) mulai dari perangkat pembelajaran, pemantauan proses pembelajaran, monitoring dan evaluasi, rencana tindak lanjut. Dari borang isian instrumen kepala sekolah diharuskan menyusun sampai tahap pelaporan. Ini kemudian menjadi bahan evaluasi perbaikan pada kegiatan supervisi tahun berikutnya.

Supervisi adalah aktivitas satuan pendidikan yang ditanggung langsung oleh Kepala Sekolah. Sebagai kompetensi wajib supervisi akademik mutlak dilakukan. Seyogianya ia bukanlah syarat administrasi pekerjaan saja. Supervisi akademik mampu menjamin peningkatan kualitas pembelajaran di satuan pendidikan.

Capaian peserta didik terhadap hasil belajar adalah gambaran terlaksananya supervisi yang efektif. Hasil belajar yang meningkat, partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran juga menjadi indikator. Dengan supervisi akademik tujuan sekolah dalam hal peningkatan prestasi akademik dapat terwujud. Semuanya memerlukan kerja keras, cerdas, tuntas, dan ikhlas dari semua komponen satuan pendidikan. Supervisi akademik berkualitas tanda kepala sekolah profesional. Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 22/11/2020

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *