Sade Salit: Satu Desa Satu Peneliti
Oleh: Moh. Anis Romzi

Masalah
Presiden Jokowi pada akun facebook resminya “Selamat pagi. Dalam enam tahun terakhir ini, pemerintah terus membangun infrastruktur penghubung antardaerah, bukan hanya berupa jalan tol, jalur kereta api, jalur penerbangan, dan tol laut saja, tetapi juga konektivitas digital yang menjangkau seluruh wilayah Indonesia.
Infrastruktur digital tersebut bukan hanya untuk mengintegrasikan ekonomi nasional, mempermudah dan mempermurah arus logistik, serta meningkatkan ekonomi digital dan e-commerce semata. Lebih dari itu, infrastruktur untuk meningkatkan konektivitas budaya, gagasan, dan semangat sebagai sebuah bangsa besar, serta untuk semakin memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
Konektivitas fisik dan digital juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi pengalaman dalam membangun daerah dan desa, mengingat ada 75 ribu desa, 514 kabupaten/kota, yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.”
Desa merupakan kesatuan wilayah yang dihuni oleh sejumlah keluarga yang dikepalai oleh seorang Kepala Desa(KBBI V). Dalam pembangunan desa konsep terbaik adalah pembangunan yang berasal dari bawah (bottom up). Pembangunan atas dasar kebutuhan, bukan menghabiskan anggaran. Dengan pola pembangunan ini diharapkan desa-desa di Indonesia menjadi desa berdaya.
Penting untuk mendapatkan data akurat tentang desa. Cara penggalian data terbaik adalah dengan proses penelitian. Dalam hal ini prinsip metode ilmiah harus dikedepankan. Adapun metode ilmiah meliputi; perumusan masalah, penyusunan kerangka pikir dalam pengajuan hipotesis, perumusan hipotesis, pengujian hipotesis, dan penarikan kesimpulan (menerapkan prinsip-prinsip metode ilmiah, www.epanrita.com).
Para pemuda desa perlu didorong untuk menjadi pelopor pembangunan. Merekalah yang akan menjadi tulang punggung penelitian di desanya masing-masing. Mereka perlu dibekali dengan bersikap, berpikir, dan bertindak ilmiah untuk mewujudkan pembangunan desa yang kuat dan berkelanjutan.
Peneliti muda desa kompeten melahirkan data berkualitas untuk mewujudkan kemajuan. Data yang sahih, reliable, dan obyektif akan memudahkan penentuan kebijakan pembangunan desa yang tepat sasaran. Pembangunan yang sebenarnya untuk masyarakat desa. Karena ini berdasarkan kebutuhan masyarakatnya.
Gagasan satu desa satu peneliti untuk pembangunan berkelanjutan. Kompetensi peneliti memerlukan campur tangan pemangku kepentingan. Dalam hal ini Kepala Daerah. Jika pemimpin daerah memiliki kepedulian terhadap penelitian desa niscaya pembangunan desa akan sinergis dengan kepentingan masyarakatnya.
Tujuan
Tujuan dari kegiatan satu desa satu peneliti adalah:

  1. Menghasilkan data berkualitas untuk pijakan percepatan pembangunan;
  2. Memberdayakan pemuda desa untuk melakukan penelitian;
  3. Mengembangkan potensi desa untuk kesejahteraan warganya.
    Strategi Pelaksanaan
    Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati sebagai pimpinan wilayah menginstruksikan kepada badan penelitian untuk melakukan kajian. Seberapa besar manfaat penelitian untuk percepatan pembangunan. Ini adalah bagian dari perencanaan.
    Badan penelitian dan pengembangan Kabupaten menyiapkan sumber daya manusia penelitian di setiap desa. Dalam menyiapkan SDM harus memenuhi kompetensi peneliti. Serendah-rendahnya berpendidikan S1.
    Para pemuda desa hasil seleksi peneliti dilatih, dibina dan diberdayakan. Setelah memiliki kompetensi peneliti mereka diwajibkan kembali ke desanya untuk melakukan penelitian.
    Setiap peneliti diwajibkan melakukan penelitian potensi desa dan melaporkan secara tertulis untuk diuji kesahihan hasil penelitiannya.
    Hasil yang Diharapkan
    Tersedianya Sumber Daya Manusia peneliti pada setiap desa.
    Data berkualitas yang dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah dan terbuka.
    Rekomendasi tentang analisa kebutuhan pembangunan desa paska penelitian.
    Hambatan
    Hambatan yang mungkin muncul adalah tersedianya sumber daya manusia di desa untuk menjadi peneliti. Ini karena seorang peneliti memerlukan keterampilan dan keahlian. Sedangkan peneliti sendiri masih merupakan profesi terbatas.
    Rencana Tindak Lanjut
    Perlunya pemberdayaan pemuda desa dalam bidang penelitian. Para pemuda desa perlu dibina untuk melakukan penelitian di desanya. Data hasil penelitian berkualitas untuk pembangunan desa berkelanjutan. Satu desa satu peneliti jawaban untuk Indonesia maju.
    Jaya Makmur, 20/12/2020
0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *