Oleh: Moh. Anis Romzi

Kesadaran adalah matahari

Kesabaran adalah bumi

Keberanian menjadi cakrawala

Dan perjuangan adalah perlaksana kata-kata

(Paman Doblang- WS. Rendra)

Saat ini para pemuda sedang dihadapkan pada era kebebasan informasi. Ini membawa dampak sekaligus. Peluang sekaligus tantangan. Pemilihan dan pengambilan sikap terhadap informasi menggambarkan matangnya nalar. Kemampuan literasi dan numerasi akan diuji. Persiapan harus disiapkan oleh pemuda kini. Cara berjuang harus berbeda dengan para pendahulu bangsa. Namun semangat juang haruslah sama. Para pemuda masa lalu telah menghantar berdirinya bangsa.

Indonesia akan mengalami bonus demografi kependudukan pada tahun 2045. Peluang kependudukan di mana usia produktif lebih besar daripada non produktif. Saat itu Indonesia akan mencapai usia emas. Sebuah harapan di mana bangsa ini telah menjadi negara maju. Kuncinya adalah pada pemuda hari ini. Sesungguhnya di tangan para pemuda segala urusan umat, dan di telapak kakinya hidupnya(keberhasilannya). Kembali pemuda adalah kunci kemajuan bangsa di masa itu.

Peluang dan tantangan harus dibaca secara menyeluruh. Para pemuda kini memiliki keduanya. Ketepatan dalam mengembangkan potensi diri sangat vital. Segala potensi positif harus didukung dan dikembangkan. Pendidikan yang tepat merupakan wadah terbaik. Para pemuda memiliki semangat yang besar pada perubahan. Namun penting untuk didampingi dengan kebijaksanaan orang dewasa.

Tantangan pemuda kini beraneka ragam. Narkoba adalah salah satu tantangan yang terbesar. Saat ini Indonesia sedang mengalami darurat narkoba. Ketika ini menyerang pemuda kewarasan akan hilang. Perang terhadap narkoba masih terus dan sedang berlangsung. Penyalahgunaan narkoba di kalangan pemuda adalah penyakit bangsa. Narkoba adalah musuh bersama. Namun beberapa tidak menyadarinya. Masih banyak yang terlena dan abai akan banyaknya kasus narkoba di kalangan pemuda.

Indonesia memerlukan pemuda pelopor. Para pemuda pembaharu sudah harus didorong sejak kini. Pemuda kreatif, inovatif, dan kolaboratif harus ditumbuhkan sejak di bangku pendidikan. Integritas, kemandirian, kejujuran, dan keberanian sebagai bagian dari karakter diri mesti dipupuk. Daya juang menghadapi tantangan harus diperbesar. Bukan sebagai pribadi menyerah. Pemuda pelopor mesti diciptakan dengan iklim pendidikan yang memadai.

Pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan Indonesia. Kemampuan menyelesaikan masalah yang semakin kompleks harus dimiliki. Mereka harus tahan uji terhadap aneka persoalan. Ketahanan terhadap ujian berikut kemampuan menyelesaikannya adalah bagian dari bentuk kecerdasan. Para pemimpin Indonesia adalah mereka mampu memanfaatkan muda dengan baik. Masa di saat yang lain melaluinya dengan kesenangan dan hiburan. Pemuda ini melewatinya dengan perjuangan dan belajar.

Karakter nasionalisme mulai terkotak-kotak. Terbukanya informasi tanpa batas bukan tanpa risiko. Aneka ideologi masuk dapat diakses dengan begitu mudahnya. Para pemuda adalah sasaran utama. Mereka adalah pengonsumsi informasi terbesar. Ini karena mereka segmen pengguna teknologi terbesar saat ini. Ideologi negara saat ini sedang mengalami tantangan. Para pemuda yang mampu melepaskan dan memantapkan diri akan mampu menata informasi dengan baik. Kemampuan inilah yang diharapkan dimiliki oleh pemuda kini. Kematangan literasi untuk menjadi warga Indonesia dan dunia yang produktif. Nasionalisme sempit akan terbuka dengan sendirinya dengan kematangan literasi.

Bangsa yang besar melahirkan pemimpin besar. Semangat juang membela bangsa saat kemerdekaan harus dilahirkan kembali kini. Berjuang tidak mengenal waktu. Kapan saja perjuangan itu harus muncul. Semangat berjuang harus menyala di dada para pemuda kini. Pemimpin besar tidak lahir dari proses yang sederhana. Nelson Mandela, Mahatma Gandhi para pemimpin yang mempengaruhi dunia menempuh perjuangan yang besar. Sekali lagi tidak sederhana untuk menghasilkan pemimpin besar. Dalam konteks Islam Nabi Muhammad adalah sosok pemimpin dengan semangat perjuangan. Para pemuda teladani para pemimpin hebat untuk Indonesia maju dan hebat 2045. Jaya Makmur, Katingan, Kalteng, 14 Desember 2020

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *