Oleh: Moh. Anis Romzi

Penilaian adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam rangkaian pembelajaran. Ia adalah kegiatan untuk mengukur kemampuan peserta didik. Di saat yang lain masih melakukan BDR, SMPN 4 Katingan Kuala telah melakukan pembelajaran tatap muka terbatas sejak 02 November 2020. Ini berdasarkan izin Bupati Katingan via Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Katingan nomor: 421.7/1794/Disdik-1/2020. Penilaian Akhir Semester adalah kegiatan integral dalam proses pembelajaran.

Belajar tatap muka di tengah pandemi dalam dilema. Di satu sisi para Orangtua dan wali peserta didik menghendaki. Di sisi lain bahaya penularan virus masih mengintai. Banyak orangtua wali mengeluhkan repotnya mendampingi putra-putrinya belajar dari rumah. Selain itu jaringan internet yang sering terganggu menjadi masalah lain. Tatap muka terbatas dalam pembelajaran harus dilakukan. Penerapan protokol kesehatan yang telah ditentukan menjadi pertahanan terakhir terhadap kesehatan pendidik dan peserta didik.

Saat pembelajaran daring masih menyisakan masalah yang belum terselesaikan. Sementara waktu terus berjalan. Pembelajaran diwajibkan tetap harus berjalan. Masalah pembelajaran daring diatasi dengan tatap muka secara terbatas. Sudah satu bulan berjalan saatnya pelaksanaan Penilaian Akhir Semester (PAS) harus dilakukan. Ini adalah yang pertama sejak pandemi covid-19 merebak. Masalah pembelajaran daring sementara selesai. Namun risiko harus tetap diwaspadai.

Pandemi belum ada tanda berakhir. Sampai saat ini penambahan kasus positif masih terjadi setiap harinya. Bahkan banyak Kepala Daerah yang terpapar virus covid-19. Kasus baru masih tinggi. Namun penilaian akhir semester tidak bisa ditunda. Protokol kesehatan telah diterapkan sebelum peserta didik memasuki satuan pendidikan. Mulai dari pemeriksaan suhu badan, arahan wajib masker, dan sistem shift. Semoga tidak menambah banyaknya jumlah kasus positif.

Saat menentukan pilihan paling tepat dan selamat. Kesehatan dan keselamatan semua adalah yang utama dalam pembelajaran. Saat obat ataupun vaksin belum ditemukan pencegahan adalah upaya terbaik. Berbagai instansi menggelar iklan layanan masyarakat untuk pencegahan covid-19. Satuan pendidikan merupakan tempat rentan menjadi klaster baru. Ini apabila pembelajaran tatap muka diterapkan. Penerapan protokol kesehatan harus di monitor dan dievaluasi terus-menerus. Salah satu iklan layanan masyarakat di televisi adalah 3 Wajib. Wajib aman, imun, dan iman.

Kepala sekolah perlu kemampuan membaca situasi terkini. Bahwa pandemi covid-19 belum berakhir. Satuan pendidikan perlu dijaga dari merebaknya wabah. Sarana pencegahan harus tersedia sebelum pelaksanaan tatap muka. Ini perlu diketahui semua. Selain itu kesiapsedaiaan sarana kesehatan harus terjangkau dari sekolah. Alhamdulillah SMPN 4 Katingan Kuala berdekatan dengan UPTD Puskesmas Pegatan 2. Koordinasi terus dijalin apabila ada kasus kesehatan segera dapat tertangani. PAS 1 tetap dilaksanakan tatap muka terbatas dengan sistem shift.

Kabar terakhir via Metro TV pada jam 22.30, 6/12/2020 bahwa vaksin covid-19 telah datang dari Tiongkok. Ada sekitar 1,2 juta vaksin yang didatangkan. Itu diproduksi oleh perusahaan Sinovac. Dari bandara Soekarno-Hatta vaksin covid-19 langsung dibawa ke kantor Biofarma di Bandung. Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan bahwa vaksin gelombang pertama ini diperuntukkan untuk petugas garda terdepan penanggulangan dampak covid-19. Para tenaga kesehatan dan medis di seluruh Indonesia

Ada harapan untuk berakhirnya pandemi covid-19. Ini tentunya akan menimbulkan semangat semua untuk bangkit. Satuan pendidikan adalah layanan publik yang berhubungan dengan khalayak. Layanan pendidikan tatap muka rentan menghadirkan kerumunan. Hadirnya vaksin covid-19 setidaknya akan menurunkan kekhawatiran pada dampak wabah. Semoga pendidikan Indonesia dapat terhindar dan segera pulih. Indonesia maju yang menjadi cita-cita bangsa dapat segera terwujud.

Jaya Makmur, Katingan Kuala, Katingan, 8  Desember 2020.

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *