Oleh: Moh. Anis Romzi

Setiap orang pasti mempunyai mimpi. Dalam konteks harian mimpi umumnya tidak dalam keadaan sadar. Ada yang unik bahwa dalam kamus bahasa Inggris mimpi sebagai kata kerja dan benda tertulis dengan kata yang sama. Dream adalah kata yang mewakili bermimpi dan impian. Dalam makna ini bahwa impian adalah harapan yang tersusun secara sadar. Kemudian itu bersambung dengan kata kerjanya. Bermimpi untuk mewujudkan harapan.

Tidak ada gigi mundur bagi penakluk mimpi. Ia akan menempuh apa saja yang ada di dalamnya. Ia akan selalu memiliki harapan. Putus asa tidak ada dalam kamus sang penakluk. Sebuah ungkapan saat memulai wujudkan harapan. ‘ Sekali bendera dikibarkan, pantang keluar ratapan dan tangisan. Mundur satu langkah itu tanda penghianatan’. Slogan semangat saat menjadi mahasiswa ini, pantas untuk tetap dinyalakan. Mundur berarti tidak ada harapan sama sekali.

Andai sudah terjatuh ke dasar masih bisa untuk melompat lebih tinggi. Selama hayat dikandung badan kesempatan itu masih diberikan.  Putus asa pada rahmat-Nya hanyalah bagi kaum yang ingkar. Siapa saja yang menyerah maka kegagalan menanti. Keberhasilan dekat pada mereka yang senantiasa berusaha. Saat jatuh boleh sakit, namun rasakan sebentar saja. Segeralah bangkit kembali dan melompat lebih tinggi.

Jawaban segala pertanyaan ada dalam diri. Mimpi adalah masa depan. Masa lalu itu kenangan. Masa depan Anda ada di tangan Anda sendiri bukan pada yang lain. Lakukan hari ini untuk upaya menuju masa depan. Prediksi segala kemungkinan yang terjadi. Ambil yang menurut Anda penting. Walaupun tampak seperti hal-hal tak bernilai. Hari ini tidak mungkin kembali. Belajarlah yang terbaik pada hal-hal terbaik yang Anda bisa dan sukai. Masa depan Anda dimulai hari ini.

Penakluk mimpi rela lelah saat yang lain istirahat. Ia membaktikan diri menggapai cita-cita. Masa depan tidak ditunggu melainkan diusahakan. Siapa mau berubah harus mau lelah. Ia akan terus berjuang mewujudkan impiannya. Ia tidak akan bisa membedakan lagi kapan saat bekerja dan istirahat tidak ada bedanya. Penakluk mimpi tidak akan tenang sebelum impiannya tercapai.

Kalau Anda bisa menaklukkan mimpi, usaha Anda dikatakan berhasil. Ya, mampu meraih cita-cita sama dengan mewujudkan mimpi. Akan ada bahagia jika saat itu tiba. Keberhasilan adalah jawaban dari proses yang telah dilakukan.  Jangan pernah lelah untuk mewujudkan mimpi baik. Lakukan hal luar biasa yang orang lain tidak lakukan. Belajar, bekerja, dan berdoa jangan pernah putus. Cibiran akan hilang saat Anda mampu menaklukkan mimpi Anda. You did it.

Wujudkan mimpi Anda dalam tulisan. Catatan tangan Anda akan menjadi pengingat mimpi Anda. Itu akan terus memanggil kapan saja Anda melihatnya. Tulisan mimpi akan melekat dalam ranah pengetahuan. Hingga pada akhirnya integral dalam diri Anda. Ia akan menjadi kesadaran yang membimbing Anda pada tujuan. Tulislah, baca lagi, hafal, lakukan dan wujudkan mimpi Anda. Tulisan Anda akan berbicara kepada dunia. Ia akan mengatakan bahwa Anda pernah ada dan mempunyai mimpi yang akan/telah diwujudkan.

Memiliki mimpi adalah hak siapa saja. Susun mimpi Anda dari sekarang. Tulis dan pajang di depan tempat tidur Anda. Bawalah sampai ke alam bawah sadar hingga Anda tidak menyadari bahwa itu telah melekat dalam diri Anda. Penakluk mimpi berpikir besar, membidik tinggi. Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 31/1/ 2021

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *