banner 728x250

Nikmati Berkah Sahur

banner 120x600
banner 468x60

Demikian besar manfaat bangun dan makan di waktu sahur. Apalagi disertai dengan berdoa kepada Allah untuk dengan liruh dan penuh harap. Nikmati Sahur dan raihlah berkah di dalamnya.

Oleh: Agus S. Saefullah
21 Ramadan 1443 H

banner 325x300

Di sepertiga malam sampai menjelang subuh, orang-orang menikmati makan sahur. Makan yang disunahkan oleh Rasulullah setiap saat hendak berpuasa terutama puasa ramadan.

Adalah keberkahan yang melimpah di dalam makan sahur. “Makan sahur adalah berkah, maka janganlah kalian meninggalkannya, walau kalian hanya meminum seteguk air, karena Allah ‘Azza wa Jalla dan para Malaikat bersalawat kepada orang yang makan sahur. Demikian Rasul bersabda dalam riwayat Ahmad.

Tidak lupa pula kita panjatkan doa di waktu sahur. Ada kesempatan besar di waktu istimewa itu untuk kita memanjatkan doa, mengadukan segala keluh kesah dunia dan pinta harap agar dianugerahi surga sebagai tempat kembali.

Sahabat Abu Hurairah menyampaikan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita tabaraka wa ta’ala turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Dia berfirman, “Siapa saja yang berdo’a kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka akan Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.” Riwayat Bukhari dan Muslim.

Imam Nawawi berkata, “Pada waktu itu adalah waktu tersebarnya rahmat, banyak permintaan yang diberi dan dikabulkan, dan juga nikmat semakin sempurna kala itu.”

Pun ada ampunan yang Allah berikan pada mereka yang bersitighfar,

وَالْمُسْتَغْفِرِينَ بِالْأَسْحَارِ

“Dan orang-orang yang meminta ampun di waktu sahur.”  (QS. Ali Imran: 17).

Dalam “Fathul Baari” Ibnu Hajar mengatakan, “Doa dan istighfar di waktu sahur adalah dikabulkan.”

Sementara itu dari sisi kesehatan makan sahur juga amat sarat dengan manfaat. Dilansir dari klikdokter.com ada tujuh manfaat sahur yang bisa kita dapatkan.

Pertama, mempersiapkan Tubuh untuk Puasa. Saat berpuasa tubuh melakukan detoksifikasi. Bangun di sepertiga malam mebuat tubuh lebih dini siap. Makanan sahur yang disantap akan memberi nutrisi dan kondisi yang berubah dari makan 2-3 kali perhari menjadi satu kali sehari akan lebih siap.

Kedua, mencegah Dehidrasi. Setiap harinya, tubuh membutuhkan sekitar 2 liter air. Dehidrasi ditandai dengan rasa haus berlebih, badan lemas, kurang konsentrasi, serta jumlah urine yang sangat sedikit dan berwarna pekat. Minum lah setidaknya 2 gelas air putih saat sahur.

Ketiga, mencegah Hipoglikemia. Hipoglikemia ditandai dengan gejala berupa badan terasa lemas, dan kurang konsentrasi. Sahur akan mengisi tubuh dengan energi.

Keempat,  menghindari Penurunan Berat Badan Drastis dan Berbahaya. Mungkin bagi yang memiliki badan gemuk, efek ini diharapkan. Namun, Anda yang memiliki berat badan ideal atau justru kurang, dampak ini tidak baik. Penurunan berat badan berlebih juga berisiko bagi kesehatan.

Kelima, Mencegah Naiknya Asam Lambung. Lambung yang kosong dalam jangka waktu terlalu lama tidak baik. Kondisi perut kosong yang sangat lama akan menyebabkan peningkatan kadar asam lambung dan menyebabkan gejala mag. Makan sahur penting untuk mengisi lambung dan mencegah pengeluaran asam lambung berlebih selama berpuasa.

Keenam, menghasilkan Energi untuk Beraktivitas Para ahli percaya, sahur adalah waktu makan terpenting selama Ramadan. Anda yang berpuasa harus menganggapnya sebagai makan siang. Karena, sahur sama pentingnya seperti makan siang pada umumnya.

Ketujuh, mencegah Kehilangan Massa Otot. Sahur telah terbukti akan memperbaiki tingkat metabolisme dan mencegah hilangnya massa otot selama berpuasa.

Demikian besar manfaat bangun dan makan di waktu sahur. Apalagi disertai dengan berdoa kepada Allah untuk dengan liruh dan penuh harap. Nikmati Sahur dan raihlah berkah di dalamnya.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *