Oleh: Moh. Anis Romzi

Bagi seorang ASN kenaikan pangkat adalah hak. Dengan catatan apabila telah memenuhi nilai pada angka kredit. Sebagai bagian dari pekerjaan hak dapat diambil tentunya apabila kewajiban sudah tertunaikan. Dari berbagai persyaratan administrasi kenaikan pangkat kewajiban menulis sangat banyak. Menilik dari sini boleh disimpulkan sementara bahwa ASN adalah penulis. Maka akan sangat banyak produk tulisan tentunya akan sangat banyak lahir dari profesi ini. Belum lagi aneka profesi yang lain.

Dalam pemenuhan angka kredit kewajiban menulis bagi ASN yang ingin naik pangkat adalah wajib. Menulis untuk naik pangkat? Bolehkah? Bisa saja, boleh, dan sah. Bahwa setiap aktivitas menulis ada tujuannya. Cahyadi Takariawan atau akrab sering Pak Cah, mentor kelas menulis daring menyatakan bahwa sebelum menulis ada baiknya menentukan tujuan. Salah satu tujuan bisa saja menyelesaikan tugas pekerjaan. Angka kredit juga dapat dijadikan tujuan menulis. Apapun itu menulis dapat bermanfaat bagi ASN untuk naik pangkat.

Aneka tulisan boleh diajukan untuk memenuhi komponen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Tidak hanya satu bentuk tulisan saja. Lampiran peraturan bersama Menteri Pendidikan Nasional dan  Kepala BKN no 03/V/PB/2010 dan 14 Tahun 2010 menyebutkan beberapa tulisan sebagai pengembangan diri ASN untuk Daftar Usul Penetapan Angka Kredit.

Publikasi ilmiah salah satu bentuk karya tulis dalam kriteria menulis bagi ASN. Ia adalah tulisan berupa makalah, jurnal yang bersifat ilmiah. Makna ilmiah menurut KBBI V ia merupakan adverbia atau kata keterangan berarti memenuhi syarat kaidah keilmuan. Syarat dan ketentuan umumnya ditentukan oleh lembaga penyelenggara. Namun secara umum kaidah keilmuan dapat dipelajari.

Artikel ilmiah dan populer juga produk tulisan yang diperbolehkan. Ilmiah populer untuk artikel bersifat ilmiah namun menggunakan bahasa yang populer. Ia lebih mudah dipahami daripada artikel ilmiah murni. Bahasa yang digunakan telah banyak dikenal khalayak.

Laporan hasil penelitian tindakan, hasil penelitian, jurnal penelitian produk tulisan yang masuk kriteria PKB. Ini berlaku bagi ASN yang melakukan pekerjaan sebagai pendidik. Hampir setiap harinya para pendidik berinteraksi dengan peserta didik, kurikulum, materi ajar, berikut permasalahannya. Ketika seorang pendidik berupaya melakukan penyelesaian masalah dalam bentuk tindakan, maka ini dapat dijadikan sebagai karya tulis untuk kenaikan pangkat. Untuk pendidik lazim disebut dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sedangkan untuk tenaga kependidikan Kepala Sekolah dapat berupa Penelitian Tindakan Sekolah. Dapat juga berupa praktik baik atau best practice.

Buku pelajaran, buku bidang pendidikan,  pedoman guru, modul/diktat juga boleh diajukan untuk penilaian kenaikan pangkat. Selain PTK dan PTS seperti di atas pendidik masih diberikan peluang bidang penulisan berupa buku. Buku ini berupa buku pelajaran, tema pendidikan, ataupun untuk pengembangan kompetensi guru/pendidik. Ini sebenarnya sangat memudahkan karena memang setiap harinya para pendidik bergelut dengan aktivitas pembelajaran.

Terakhir adalah karya terjemahan bisa dinilai sebagai PKB seorang ASN. Ini bagi ASN yang memiliki kemampuan berbahasa asing. Buku-buku yang berasal dari negara lain memberikan peluang aktivitas penerjemahan. Hasil karya terjemahan ini dapat dinyatakan oleh kepala sekolah untuk setiap karya ASN.

Fenomena ‘menjahitkan’ tulisan di kalangan ASN untuk naik pangkat. Ini adalah rumor. Tidak semuanya tetapi banyak. Di bawah permukaan banyak jasa yang menyediakan pembuatan ‘jahitan’ tulisan. Ini bukanlah isapan jempol belaka. Apabila memang seorang ASN membuat karya tulisnya sendiri untuk tujuan naik pangkat, niscaya kekayaan literasi bidang pendidikan akan sangat melimpah. Faktanya karya tulis pendidik masih sangat minim.

Seseorang ASN seyogianya sudah sangat terlatih dalam kegiatan tulis-menulis. Maka sangat mengherankan apabila masih beternak alasan tidak bisa menulis. Ia adalah kegiatan wajib bagi ASN. Khususnya apabila ia berniat untuk melakukan pengembangan diri melalui kepenulisan. Menulis untuk naik pangkat sah saja. Jaya Makmur, Katingan, Kalteng.  13  Desember 2020

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *