banner 728x250

Literasi Jalan Meraih Ilmu

banner 120x600
banner 468x60

Oleh: Abd. Samad
Pimpinan Majelis Dzikir dan Da’wah “Tarbiyatul Qulub” Samboja Kutai Kartanegara

banner 325x300

Pengertian literasi selalu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Kalau dulu literasi hanya diartikan sebatas kemampuan membaca dan menulis. Saat ini literasi sudah diartikan dan digunakan dalam kegiatan yang sangat luas.

Kegiatan literasi pada dasarnya,  merupakan semua kegiatan yang menyangkut ilmu pengetahuan. Meliputi bagaimana pengelolaan dan penyebaran ilmu pengetahuan.

Literasi dapat diwujudkan dengan beragam kegiatan. Seperti  bagaimana kegiatan membaca, memahami, menulis, dan berkarya yang baik, kreatif, dan inovatif

Ungkapan literasi sudah bervariasi, Ada Literasi media, literasi komputer, literasi sains, literasi sekolah, literasi rumah tangga dan lain sebagainya..

Siapa pun pada dasarnya di zaman ini, sudah mampu melakukan kegiatan literasi. Coba perhatikan di medsos. Hamper semua orang sudah pandai berliterasi. Ada yang tiap hari menulis status di facebook dengan beragam quotes, ada yang membuat promosi jualan, pokoknya banyak kegiatan literasi yang bisa dilakukan di negeri ini.

Ilmu

Kehidupan sekarang begitu  rumit dan banyak tantangan. Solusi untuk menghadapi beragam kemelut hidup adalah dengan menggali berbagai ilmu pengetahuan. Jangan takut menjadi orang berilmu luas dan dalam. Kerumitan hidup hanya mampu diatasi dengan pengetahuan.

Ilmu itu cahaya, Cahaya dibutuhkan dalam kegelapan. Agar ilmu bisa bersemayam dalam diri, maka usahakan diri tulus dalam segala hal.

Ilmu mengajarkan kita untuk tahu diri, Diri yang lemah dan bodoh. Solusi semua kelemahan dan kebodohan adalah dengan jalan belajar. Belajar berliterasi dan berinteraksi dengan semua keadaan.

Literasi sekolah

Sekolah memang tempatnya berliterasi. Warga sekolah selama ada di area pendidikan pasti aktivitas yang mereka lakukan adalah kegiatan belajar.

Guru mengajar, Murid belajar, Guru menulis persiapan mengajar, siswa membaca buku di perpustakaan semuanya adalah bentuk-bentuk kegiatan literasi.

Siswa yang ditugaskan oleh guru untuk membaca buku dalam tempo 15 menit, lalu menulis hasil bacaan yang dibacanya dengan bahasanya sendiri. Kemudian hasil resumenya disampaikan kepada teman-teman di depan forum. Kegiatan ini sudah merupakan penerapan literasi yang sangat luar biasa,  untuk mendidik siswa  agar mampu berpikir kritis, kreatif, dan komunikatif.

Literasi Jalan Meraih dan Membagikan Ilmu

Sungguh kegiatan literasi merupakan jalan untuk meraih banyak pengetahuan. Semakin banyak seorang membaca buku, membaca alam, dan membaca pengalaman. Semuanya tidak ada yang sia-sia, pasti akan mendapatkan pengetahuan.

Tidak hanya itu, tapi dengan penerapkan dan pengamalan segala pengetahuan yang diperoleh pasti akan mendapatkan pengalaman.

Pengalaman yang diperoleh setelah mempraktekkan pengetahuan akan menghasilkan pengetahuan baru, yang barangkali pengetahuan tersebut tidak  didapat sewaktu membaca, atau ketika belajar.

Ilmu akan terbentang luas ketika kita aktif berliterasi. Tidak hanya memperoleh pengetahuan baru saja yang didapat, namun kegiatan literasi melahirkan karakter terpuji dan kokoh.

Pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh ketika berliterasi, perlu ditulis dengan rapi. Jangan biarkan pengetahuan dan pengalaman lepas begitu saja.

Ikatlah pengetahuan dan pengalaman. Simpan semuanya dalam bentuk tulisan. Dengan menulis kita berbagi, berbagi ilmu dan pengalaman. Pahit manis tulis dengan bahasa santun, bumbu-I dengan rempah-rempah yang berenergi.

Menulis berarti berda’wah. Da’wah bil qalam. Dengan menulis menunjukkan bahwa kita hadir.

Wajar kalau warga KALIMAT mengkampanyekan literasi untuk negeri. Dengan literasi melahirkan manusia berilmu, kreatif, dan berakhlak mulia.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *