Kondisikan Emosi
Ditulis kembali oleh:Cicik

“Menulislah dengan emosi positif.”
Jika ada emosi positif tentunya ada emosi negatif. Menurut Ryzaq Ainur Nugroho, emosi positif digambarkan dengan rasa bahagia, bangga, puas, suka, senang, lega, dan lainnya. Sedangkan emosi negatif adalah rasa sedih, benci, marah, cemas, takut, dan semisalnya.

Tak bolehkah menulis dengan emosi negatif?

Tak bolehkah menuliskan kalimat kemarahan, kebencian, dendam, atau untaian kata tanpa asa?

Eits…siapa bilang tak boleh? Boleh kok. Kata guru para penulis … Pak Cah … Cahyadi Takariawan … “Salah satu manfaat menulis adalah dengan menulis dapat menjadikani obat buat si penulis.” Dunia menulis menyebutnya “Katarsis.”

Silahkan tuliskan semua kemarahan pun kebencian yang membara, kesedihan yang membuat dunia terasa gelap, bahkan ketakutan yang mencekam membekukan nadi. Tuliskan semuanya dan sepuas-puasnya. Itulah obat yang sangat berkhasiat untuk si penulis.

“Tapi menulis Katarsis bukan untuk dipublikasikan …,” lanjut sang guru. Mengapa?

Bayangkan saja jika si penulis tuliskan kalimat berupa rentetan amarah atau kebencian yang tak terkendali, apa yang akan didapatkan oleh si pembaca? Minimal si penulis akan mendapatkan predikat buruk. Lebih parah lagi kemarahan dan kebencian itu menjadi sumber api provokasi keburukan.

Satu lagi, andai si penulis menulis kisah kesedihan atau kehilangan yang luar biasa, yang menyebabkan hitam pekat pandangan mata hati dan pikir … dan tulisan itu dibaca oleh pembaca yang mengalami nasib hampir serupa hingga mengambil langkah salah dalam kegelapan.

Bukankah semuanya adalah malapetaka yang diberikan oleh si penulis?

Maka tuliskan rasa marah, benci, putus asa itu semuanya tanpa sisa. Namun, kemudian simpan dan endapkan. Kelola kalimat-kalimat penuh emosi negatif itu menjadi kalimat yang mempunyai daya sentuh dan daya isi. Berikan isi pada untaian kalimat-kalimat itu dengan hikmah, sentuh dengan amarah yang santun. Sehingga si pembaca mendapatkan pembelajaran tentang kebaikan.

@NGartiKalimat
@10Des2020

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *