Kepemimpinan (34) Mengambil Keputusan Secara Cepat
Oleh: Moh. Anis Romzi
Seorang pemimpin adakalanya dihadapkan banyak permasalahan. Beberapa harus diputuskan secara cepat. Sekaligus harus tepat pula. Pada saat seperti itulah dapat timbul ketegangan. Itu karena ada risiko kegagalan yang siap mengintai. Berikut beberapa arahan Malcolm Gladwell untuk menghadapi situasi bagi saat harus memutuskan dengan cepat.
Gladwell (2007)” setiap kali bertemu seseorang untuk pertama kalinya, setiap kali mewawancarai seorang pelamar, setiap kali bereaksi terhadap suatu gagasan baru, setiap kali dihadapkan pada tuntutan membuat keputusan cepat dalam situasi tegang, kita menggunakan otak bagian kedua tadi”. Otak kedua adalah modus pikiran bawah sadar. Ini pada bagian otak yang berbeda dan digerakkan oleh bagian yang berbeda pula dalam kepribadian seseorang.
Snap judgement (kesimpulan sekejap). Ini masih tentang blink nya Malcolm Gladwell. Meskipun cara ini mempunyai kekurangan, karena pada mulanya berlangsung di bawah sadar. Ia mengirim pesan-pesan melalui jalan tak langsung yang tidak lazim, misalnya kelenjar-kelenjar keringat di telapak tangan. Beginilah kerja otak ketika otak mencapai kesimpulan tanpa langsung memberitahu kita bahwa kesimpulan telah diperoleh. Snap judgement adalah kesimpulan yang mengandalkan cuplikan setipis-tipisnya. Akan tetapi, ini juga sebuah kerja di bawah sadar.
Teori cuplikan tipis: Bagaimana tahu sedikit, bisa berarti banyak. Gottman dalam Gladwell(2007) telah menemukan bahwa ia dapat memperoleh sebagian besar yang ia butuhkan cukup dengan memperhatikan yang ia sebut dengan Empat Joki (Four Horsemen): sikap defensif, tak menjawab atau asal menjawab, sikap mencela, sikap merendahkan. Contoh Gottman yang seorang psikolog mengambil kesimpulan dari hal yang sedikit. Apabila Gottman melihat salah satu atau kedua pasangan dalam perkawinan menunjukkan sikap merendahkan atau jijik kepada yang lain, baginya itu cukup untuk mengatakan bahwa perkawinan mereka bermasalah.
Pemimpin sangat mungkin harus mengambil keputusan cepat. Gladwell menyarankan, “Jika kita ingin belajar meningkatkan mutu keputusan-keputusan yang kita buat, kita perlu menerima sifat misterius kesimpulan sekejap kita. Kita perlu menghormati kenyataan bahwa kita bisa mengetahui sesuatu tanpa tahu mengapa kita tahu dan menerima—kadang-kadang– bahwa kita lebih baik membiarkannya.”
Gladwell melalui buku blink nya memberi arahan bagaimana melatih pikiran bawah sadar untuk beroperasi optimal.
Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 13/3/2021
Bahan bacaan: Gladwell, Malcolm, Blink, Kemampuan Berpikir Tanpa Berpikir, Gramedia, Jakarta, 2007.

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *