Oleh: Moh. Anis Romzi

Salah satu karakter pemimpin adalah visioner. Ia memandang jauh ke depan. Bahwa masa depan boleh direncanakan. Pemimpin tidak patut berbangga pada keberhasilan hari ini. Waktu akan menguji setiap proses. Apakah ia dapat bertahan menghadapi aneka persoalan. Pemimpin visioner mampu memprediksi aneka kemungkinan yang muncul di masa depan dan menyelesaikannya dengan inovasi.

Kebanggaan seorang pemimpin adalah bila kader yang dilatihnya berhasil. Pemimpin masa depan akan selalu berfikir tentang suksesi. Ia akan melatih dan mewariskan kapasitas kepada penggantinya. Cara boleh saja bervariasi, namun selalu ada tujuan yang jelas pada setiap yang dilakukannya. Kemampuan memprediksi memungkinkan seorang pemimpin mengajarkan dengan hal yang belum pernah ada sebelumnya.

Hari ini menentukan masa depan. Itu adalah dunia tidak berbatas. Pendidikan tidak lagi berbasis kelas-kelas kecil, melainkan dunia digital. Internet menjadi jembatan antar ruang dan waktu. Apasaja akan memasuki pada dunia digital. Pemimpin hari ini harus bekerja keras menyelesaikan tugas hari ini dengan cara terbaik. Hasil hari ini akan membawanya pada masa depan yang berbeda. Dengan catatan ia mampu memprediksi sekaligus merencanakan tindakan yang tepat. Saat yang lain masih tidur ia sudah bangun, atau bahkan berlari.

Pemimpin harus memperkirakan masa depan institusinya. Kepemimpinan masa depan lebih imajinatif. Fisk (2007) kepemimpinan adalah masalah menyampaikan visi, menginspirasi, dan mendorong orang-orang untuk mengikutinya. Mereka para pemimpin mengarahkan institusinya secara kreatif, inovatif, dan komersial. Pemimpin menghubungkan orang-orang dan ide-ide secara bersama-sama. Memengaruhi dan berkolaborasi untuk sukses secara bersama-sama.

Orang lain bisa saja melihat prediksi itu sebagai khayalan. Itupun dapat pula dibahasakan dengan impian. Sering kali saat pertama kali melakukan sebuah eksperimen, beberapa yang lain mencibir.  Wajar dan masuk akal karena belum pernah ada yang mencobanya. Pemimpin visioner akan abai. Ada keyakinan yang kuat untuk mendorongnya berinovasi. Mimpi harus diwujudkan, karena itu adalah masa depan.

Seorang pemimpin akan berpikir bahwa hari ini harus dilakukan dengan yang terbaik. Sebuah ungkapan untuk menggambarkan kerja hari ini bagi seorang pemimpin. Think hard, work hard, play hard, and pray hard. Ia harus mempersembahkan yang terbaik hari ini. Segala sesuatunya harus dipikirkan serius, dikerjakan dengan benar, tetapi tidak melupakan istirahat. Penutupnya adalah refleksi dalam bentuk doa dengan penuh ketulusan.

Masa depan adalah milik mereka yang terus belajar, beradaptasi, dan lentur. Pemimpin masa depan tidak pernah berhenti belajar. Ia tidak segan meniru, bertanya dan berguru pada ahlinya. Belajar bagi seorang pemimpin laksana makanan pokok. Ia yakin masa depan boleh diprediksi hari ini dengan tetap melakukan yang terbaik. Pemimpin visioner memandang jauh ke depan tanpa lupa tempat berjejak.

Jaya Makmur, Katingan, Kalteng, 10/2/2021

Bahan bacaan: Fisk, Peter, Marketing Genius, Elexmedia Komputindo, Jakarta,2007

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *