Oleh: Moh. Anis Romzi

Ini adalah adaptasi dari sebuah buku karya Laura Vanderkam (2013) Apa yang orang sukses lakukan saat Weekend. Sebuah buku yang berisi tentang pengalaman-pengalaman orang sukses melewati waktunya. Dalam testimoni yang ditulis Jennifer Donahue seorang manajer pemasaran. “Kita semua sibuk, tetapi sering kali justru membuang-buang waktu! Adakah cara agar waktu kita bisa lebih produktif? Bagaimana orang-orang yang sangat sukses menggunakan waktu mereka?” Pemimpin adalah bagian dari orang sukses itu. Apabila ingin mencapainya, saran Vanderkam dapat dijadikan pilihan.

Akhir pekan yang paradoks. Hari yang santai dari akhir pekan sejatinya jauh dari bermalas-malasan. “Saya orang yang teratur dan tertib,”(Mike Huckabee, dalam Vanderkam:2013). “Saya hampir tidak pernah hanya duduk dan menonton televisi,” Huckabee justru mempunyai rencana pada akhir pekan. “Untuk memaksimalkan akhir pekan semaksimal mungkin,”katakan pada diri sendiri, apa yang membuatku benar-benar senang menikmati hari ini, yang membawaku keluar dari rutinitas dan memberiku kesenangan?” setelah itu tekadkanlah!, “ inilah yang akan aku lakukan,” dan bila saatnya tiba, bersikaplah disiplin terhadap komitmen Anda.

Pemimpin merencanakan akhir pekan. Hari di akhir pekan adalah hari yang pendek. Berkenaan dengan itu, maka harus dimanfaatkan semaksimal mungkin. Penting bagi seorang pemimpin untuk merencanakan akhir pekannya. Saat waktu berada di luar rutinitas penting untuk melakukan hal yang menyenangkan namun produktif. Ini akan membawa kesegaran untuk menyongsong hari senin dengan menyenangkan pula.

Meminimalkan tugas. Perencanaan di akhir pekan yang efektif dapat melahirkan kebahagiaan sendiri. Ini karena kita telah menetapkan batas dan berupaya untuk mencapainya. Pencapaian terhadap standar yang diciptakan sendiri adalah rasa yang tidak tergambarkan. Inilah sejatinya peperangan. Pemenangnya adalah mereka yang mampu menaklukkan keinginan diri yang tidak produktif. Dalam hal ini produktif dapat bermakna menyenangkan. Meminimalkan tugas pada akhir pekan adalah kebahagiaan untuk menyambut Senin dengan gembira.

Menikmati akhir pekan di muka.  Vanderkam(2013) buatlah jadwal tidak hanya hal-hal yang harus Anda kerjakan, tetapi juga yang ingin Anda lakukan. Steve Covey dalam 7 Habits of Highly Effective People menyebut ini langkah ini dengan  “mendahulukan yang utama”.  Dia menganjurkan latihan yang melibatkan memikirkan tentang peran-peran berarti bagi Anda. Apabila terlalu Anda bisa meringkasnya.

Tidak ada yang lain. Pilihan ada di tangan Anda. Saat menjadi pemimpin Anda mesti dapat mengendalikan diri. Termasuk di dalamnya menyambut akhir pekan dengan tetap produktif. Namun tetap penting memproduksi kebahagiaan sendiri. Akhir pekan yang bahagia adalah persiapan menyambut Senin yang bahagia pula. Jadi bagi seorang pemimpin tetap produktif dan bahagia di akhir pekan adalah pilihan utama. Sesibuk apapun jangan lupa bahagia. Tidak ada lagi istilah I hate Monday, right?

Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 7/3/2021

Bahan bacaan: Vanderkam, Laura, Apa yang Orang Sukses Lakukan, Alvabet, Gemilang, Jakarta,2013.

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *