Oleh: Moh. Anis Romzi

‘Periksa diri, sebelum diperiksa orang lain’ (Moh. Anis Romzi)

Kepemimpinan adalah kerja tim. Ia laksana rangkaian gerbong kereta api. Kepemimpinan pembelajaran mengantarkan peserta didik ke pulau harapan. Hidup menjadi lebih baik dan bermakna ketika menjadi bagian dari masyarakat Indonesia dan global. Mereka (para peserta didik) diharapkan mampu memberi kontribusi positif pada lingkungan dan dunia. Dari kepemimpinan satuan pendidikan cita-cita itu dimulai. Kepala sekolah, pendidik , dan staf administrasi berkolaborasi untuk kesuksesan peserta didik.

Setiap proses perjalanan institusi harus di periksa, kemudian di evaluasi pada akhirnya. Ini dimaksudkan agar tujuan dari setiap aktivitas pembelajaran tetap mengarah pada cita-cita utama satuan pendidikan. Setiap permasalahan yang ditemukan segera dapat ditemukan solusi dan perbaikan. Ini pun bagian dari upaya preventif untuk mencegah permasalahan menjadi besar dan sulit dikendalikan. Pemeriksaan proses untuk kebaikan bersama.

Ada nilai kebersamaan yang dijunjung dalam sebuah tim organisasi. Ini yang akan menjadi pegangan bersama. Dari tata nilai ini menjadi dasar segala aktivitas pembelajaran dimulai. Nilai ini dituangkan dalam komitmen bersama, pendidik, staf, dan karyawan satuan pendidikan. Komitmen pertama SMPN 4 Katingan Kuala adalah mengutamakan para peserta duduknya.

Adalah sebuah praktik baik di SMPN 4 Katingan Kuala. Praktik ini adalah bagian dari aplikasi kompetensi manajerial Kepala sekolah. Praktik ini dinamakan EVIMM. Evaluasi Manajemen Mingguan. Setiap akhir pekan Kepala sekolah, guru, staf dan karyawan duduk dalam satu meja. Ini telah menjadi kebiasaan SMPN 4 Katingan Kuala sejak pertama kali didirikan pada tahun 2014. Tidak ada sekat antara pimpinan, guru, staf, dan karyawan. Semua diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran dan keterlaksanaan 8 standar nasional pendidikan.

Tujuan dari EVIMM ini adalah memeriksa kegiatan yang telah dilaksanakan satu minggu berjalan. Kemudian merencanakan bersama kegiatan yang akan dilakukan satu minggu ke depan. Dasar dari EVIMM ini adalah visi, misi, tujuan, dan rencana kerja satuan pendidikan. Setiap permasalahan yang ditemukan segera dicarikan jalan keluar. Semua berhak menyampaikan gagasan untuk perbaikan permasalahan tanpa memandang status. Inilah poin penting dari EVIMM yakni menghimpun solusi dari semua.

Manfaat nyata dari EVIMM untuk pengembangan sekolah antara lain; segala permasalahan pembelajaran dapat terdeteksi sejak dini. Iklim lingkungan kerja menjadi kondusif dan harmonis. Bahwa solusi dapat berasal dari mana saja. Ada budaya literasi pendidik yang mulai terbangun. Ini semestinya dapat menjadi tradisi baik satuan pendidikan. Segala aktivitas satuan pendidikan dapat terkendali dengan baik.

Hasil dari EVIMM digunakan untuk langkah satuan pendidikan memperbaiki diri terus-menerus. Ini adalah komitmen ke-4 dari nilai kebersamaan guru, staf, dan karyawan SMPN 4 Katingan Kuala. Perbaikan secara kontinu mutlak. Ini akan memberikan kepuasan pada pengguna layanan pendidikan. Segala kekurangan akan ditutup dan diperbaiki pada kegiatan selanjutnya. Target dan capaian diukur berdasarkan rencana tindak lanjut aktivitas berikutnya.

EVIMM praktik baik manajemen pendidikan untuk peningkatan kualitas pendidikan berkelanjutan. Sebuah upaya untuk menjaga cita-cita, tujuan, dan kegiatan satuan tetap berjalan pada jalurnya. Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 28/2/2021

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *