banner 728x250

JonSo(25) Pingin Seperti Nabi Yusuf (4)

gray pyramid on dessert under blue sky
Photo by David McEachan on <a href="https://www.pexels.com/photo/gray-pyramid-on-dessert-under-blue-sky-71241/" rel="nofollow">Pexels.com</a>
banner 120x600
banner 468x60

JonSo(25) Pingin Seperti Nabi Yusuf (4)

Oleh: Moh. Anis Romzi

banner 325x300

“ Ahh. Karena tampannya nabi Yusuf digoda oleh majikannya sendiri. Sejatinya dia nabi Yusuf juga hendak, namun Allah membimbingnya. Kira-kira begitu ya dik?” Jono mencoba mengevaluasi cerita Sodik.

“ Ya begitulah. Dia adalah seorang nabi. Allah memberikan keistimewaan berupa mukjizat. Sekaligus terjaga dari dosa. Dia (Yusuf) melihat tanda-tanda dari Allah untuk berpaling dari keburukan“Sodik  menegaskan.

“Terus bagaimana lagi lanjutannya dik?” Jono semakin penasaran.

“Ketika keduanya masih berada dalam rumah, Yusuf dan majikan perempuannya saling berlari mendekati pintu. “Dan keduanya berlomba berlari menuju pintu, dan perempuan itu menarik baju gamisnya (Yusuf) dari belakang hingga koyak. Dan Keduanya mendapati suami perempuan itu berada di depan pintu. Dia (perempuan) itu berkata:”Apakah balasan terhadap orang yang hendak berlaku buruk terhadap istrimu, selain dipenjarakan atau (dihukum) dengan siksa yang pedih?”(QS. Yusuf:25)

“ Cek-cek. Aduh ada juga ya ternyata sejak dahulu. Sudah berbuat jahat tapi menimpakan kesalahan pada korbannya. Pasti ini nanti akan rumit lanjutan kisahnya.” Jono berdecap heran pada apa yang terjadi pada kisah nabi Yusuf.

“ Ya namanya manusia Jon, umumnya mencari benarnya sendiri. Agar aibnya tertutupi.” Sodik mengambil simpulan sementara.

“ Lanjutkan dong, dik. Bagaimana lanjutan kisahnya?” Jono semakin asyik mendengarkan kisah nabi Yusuf dari Sodik. Kisah yang keduanya dapat dari kegiatan PPK di sekolah kemarin.

“ Sebentar. Sambil aku ingat-ingat lagi. Emmm… Ya dibawalah kasus ini pada pengadilan. Sepertinya begitu.” Sodik tampak kurang yakin sekarang.

“ Kamu yakin dik?” Jono juga tampak ragu.

“ Ohh. Ya. Setelah kejadian itu nabi Yusuf mencoba membela diri. “Dia (Yusuf)berkata:” dia yang menggodaku dan merayu diriku.” Seorang saksi dari keluarga perempuan itu berkata memberikan kesaksian: “jika  baju gamisnya koyak bagian depan, maka perempuan itu yang benar. Dan dia (Yusuf) termasuk orang yang berdusta.(QS. Yusuf:26)” Sodik melanjutkan.

“Berarti itu bukan di pengadilan dik. Sepertinya itu sidang keluarga. Karena hanya suami dan saksi dari keluarga majikan perempuan nabi Yusuf.” Jono percaya diri mengambil kesimpulan.

Sodik terus melanjutkan ceritanya“ dan jika baju gamisnya koyak bagian belakang, maka Yusuf lah yang benar. Perempuan itulah yang berdusta.” Maka ketika dia (suami perempuan) itu melihat baju gamis Yusuf koyak bagian belakang, dia berkata,” sesungguhnya ini adalah tipu dayamu. Tipu dayamu benar-benar hebat“(QS. Yusuf:27-28)

“Nah. Terbukti bukan siapa yang salah kemudian dik? Apakah majikan perempuannya dihukum?” Jono penasaran lagi.

“ Ya itulah. Suami majikannya hanya meminta istrinya untuk bertobat. Setelah kejadian itu terdengarlah desas-desus permasalahan itu di kalangan para wanita di kota Mesir. Banyak yang menghujat kepada majikan perempuan nabi Yusuf.” Sodik bercerita lagi.

“Ada lanjutannya dong?” Jono tersenyum. Tanda ia ingin mendengarkan lanjutan kisahnya.

Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 22/4/2021. Hari ke-9 Ramadan 1442 H. Selamat Hari Bumi sedunia

banner 325x300

Respon (1)

  1. Pak Romzi,
    kutipan cerita yg lengkap dari ayat AlQur’an yg dibicarakan Jonso, apakah mungkin diucapkan oleh anak² (Sodik) ? Kecuali dia memegang AlQur’an yg memiliki terjemahan. Atau memang ingatan cerita pak Ical melekat kuat dlm ‘memory’ Sodik ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *