banner 728x250

JonSo(20) Ikut PPK Relijius

banner 120x600
banner 468x60

JonSo(20) Ikut PPK Relijius
Oleh: Moh. Anis Romzi
“Besok awal puasa kita libur tiga hari. Kemudian di sekolah ada kegiatan PPK. Kegiatan ini telah terjadwal pada kalender pendidikan kita. Nanti pada hari keempat Ramadan kalian masuk dengan mengenakan busana muslim, sekaligus perlengkapan salat untuk para siswi.”Pak Ical menyampaikan pengumuman pada hari terakhir menjelang ramadan.
“Dik, kira-kira nanti apasaja sih yang dilakukan pada PPK itu. Kalau misalnya tidak ikut dimarahi apa tidak ya sama pak guru?” Jono penasaran PPK yang disampaikan Pak Ical pada pengumuman itu.
“Kita tunggu saja Jon. Kata Pak Ical kemarin nanti akan disampaikan jadwal kegiatannya.”Sodik menanggapi santai.
“Itu lho dik. Aku takut kalau nanti ada tes membaca al-Quran. Aku masih belum terlalu lancar.” Jono tampak khawatir.
“ Aku juga sama Jon. Kalau nanti ada ujian membaca huruf-huruf Arab. Aku di musala masih iqro ngajinya. Itupun masih jilid 4.” Sodik juga tidak bisa menyembunyikan kekhawatiran.
JonSo memang dikenal sebagai siswa yang memiliki keterlambatan dalam kemampuan literasi. Untuk abjad Indonesia saja keduanya sering terjadi disleksia pada hasil tulisannya. Jadi wajar kalau mereka berdua khawatir ada uji lisan kemampuan membaca huruf Arab. Sebenarnya bukan tanpa usaha untuk mengatasi hambatan itu. Namun karena kemampuan intelektualnya di bawah rata-rata menjadi penyebabnya. Patut diacungi jempol usaha yang telah mereka lakukan.
“ Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi anak-anak.” Pak Ical memulai sambutan untuk mengawali kegiatan PPK relijius pagi itu.
“ Waalaikum salam warahmatullahi wabarakatuh. Pagi-pagi empat Jaya.”Seluruh siswa menjawab serentak. Yel-yel khusus yang dibuat sekolah sejak berdiri pertama kali.
“Hari ini adalah hari pertama kita akan melaksanakan kegiatan PPK atau Penguatan Pendidikan Karakter. Ini adalah bagian dari pembelajaran akhlak. Karena bertepatan dengan bulan Ramadan PPK kali ini adalah keagamaan. Dalam bahasa yang lain disebut dengan relijius. Adapun jadual PPK telah ditempel di papan pengumuman di depan ruang guru. Silakan dibaca sendiri. Untuk hari ini kegiatannya adalah salat duha berjamaah, tadarus al-Quran, dan hafalan surat-surat pendek serta doa harian.” Pak Ical menyampaikan pengarahan sebelum PPK dimulai.
Benar adanya Jonso sudah terlihat gelisah. Tebakan mereka hampir menjadi kenyataan.
“Sebelum salat Duha dimulai, akan saya sampaikan keutamaan-keutamaan salat duha. Apakah ada yang tahu?” Pak Ical mengajak para siswa berinteraksi.
“ Dari Abu Hurairah RA berkata. Bahwa kekasihku Rasulullah saw mewasiatkan kepadaku tiga perkara. . 1.Puasa tiga hari setiap bulan, 2. salat duha, 3. Dan agar aku salat witir sebelum tidur.” Pak Ical menjelaskan.
“Jadi nabi kita Muhammad sangat menganjurkan salat duha untuk didirikan. Setelah salat duha nanti masing-masing siswa harus membaca paling sedikit satu ayat di depan saya. Mari kita laksanakan salat duha dulu.”
Perasaan JonSo semakin tidak karuan setelah mendengar penjelasan dari Pak Ical. Membaca al-Quran di depan pak Ical. “ Aduh aku gemetar duluan.” Jono berbisik pada Sodik.

Palangkaraya, Kalteng. 17/4/2021. Hari ke-5 Ramadan 1442 H

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *