banner 728x250

JonSo (74) Apa yang Terjadi di Luar

banner 120x600
banner 468x60

Oleh: Moh. Anis Romzi

JonSo duduk sebentar sebelum pulang. Keduanya menanti teman-teman sekampung yang belum keluar semua. Suasana parkiran sudah mulai ramai dengan kawan-kawan JonSo yang berebut keluar dari lingkungan sekolah. Saat ini menjelang hari-hari akhir tahun pembelajaran. Masih tetap pandemi Covid-19 ceritanya.

banner 325x300

“ Kita harus bagaimana ini, dik? Senin depan sudah penilaian akhir tahun. Aku masih banyak yang belum paham pelajaran.” Jono mengeluh.

“ Waktu terus berjalan, Jon. Seperti yang kita pernah bincangkan tidak pernah mundur. Beruntung ini direncanakan. Kita bisa siap-siap. Kalau datangnya tiba-tiba itu baru masalah serius. Kalau menurutku yang paling penting kita belajar. Penilaian tidak bisa mundur. Hasil urusan bapak dan ibu guru kita.”

“ Jangan lupa berdoa juga, dik.”

“ Eh, iya Jon. Doa itu menguatkan.”

Saat ini sedang memasuki minggu terakhir belajar reguler. Beberapa pendidik sudah berancang-ancang dengan kisi-kisi. Sebagian yang lain pemeriksaan tugas akhir semester. Ini hal yang membuat JonSo agak kesulitan mengerjakan tugas akhir. Kumpulan soal sudah dibagikan, potongan kompetensi dasar telah dijelaskan. Hanya tinggal pelaksanaannya saja.

“ Dik, kira-kira apakah para pelajar di sekolah lain sama seperti kita?”

“ Maksudmu sama, Jon?”

“ Apakah saat hendak penilaian akhir tahun pelajaran seperti ini mereka juga repot?”

“ Mestinya sama. Penilaian akhir tahun ini adalah bagian dari standar nasional pendidikan. Bagian dari standar penilaian. Itu kata Pak Ical. Biasanya setiap akan ujian selalu disampaikan dasar dari setiap proses pembelajaran. Termasuk dengan penilaian ini.”

“ Kadang-kadang aku ingin mendengarkan cerita dari sekolah lain. Seperti apa suasana belajarnya. Tiap hari yang kita lihat hanya sawah, sekolah, rumah, sungai. Kayaknya kita perlu piknik.” Jono berkhayal.

“ Paling ya biasa saja, Jon. Sekarang ini ramai berita di televisi masih tentang Covid-19. Banyak daerah mengalami lonjakan kasus positif baru. Katanya sih karena sisa lebaran kemarin. Bersyukur kita sudah belajar tatap muka, walaupun terbatas.”

“ Iya juga sih. Tapi dengan kita mengetahui dunia di luar, kita dapat berkaca. Seperti apa anak-anak seusia kita manfaatkan waktunya. Kalau baik kita tiru. Sebaliknya kalau jelek ditinggalkan.”

JonSo sejatinya masih tetap bersemangat untuk belajar. Pada situasi sekarang ini keduanya sudah bersiap menghadapi penilaian akhir tahun. Walaupun sedikit bertemu dengan bapak dan ibu gurunya, mereka tetap berusaha.

“ Kalau yang terjadi di luar kita perhatikan saja dulu. Karena belum tentu apa yang terlihat benar adanya. Apalagi zaman internet dan media sosial seperti ini. Semua  orang berhak memproduksi informasi. Kita ambil yang baik saja. Kata iklan itu “saring sebelum sharing”. Saatnya kita membelanjakan waktu di jalan yang benar. Ujian! Bagaimana, dik? Are you ready?” Jono membakar semangat Sodik.

“ Aku asal naik kelas, oke sudah.” Sodik menetapkan standar yang sederhana sekali

Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 10/6/2021. Hari ke-29 Syawal 1442 H

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *