banner 728x250

JonSo (24) Pingin Seperti Nabi Yusuf 3

gray pyramid on dessert under blue sky
Photo by David McEachan on <a href="https://www.pexels.com/photo/gray-pyramid-on-dessert-under-blue-sky-71241/" rel="nofollow">Pexels.com</a>
banner 120x600
banner 468x60

JonSo (24) Pingin Seperti Nabi Yusuf 3
Oleh: Moh. Anis Romzi

“ Ayo dik. Lanjutan kisah Nabi Yusuf. Kemarin terlanjur kesorean kita. Kali ini harus selesai.” Pinta Jono pada Sodik.
“ Kita lihat saja nanti Jon. Terkadang kita ini sering hilang ingatan. Kamu ingat?” Sodik enggan dengan permintaan Jono yang terkesan memaksa.
“Kalau tidak selesai kita sulit dik untuk mendapatkan teladan dari kisah ini. Dicepati saja. Lewati yang bisa dilewati.” Jono bersikeras.
“ Kamu ini aneh Jon. Mana mungkin melewati sebuah kisah. Itu harus urut. Kalau tidak urut malah merusak cerita. Itu bisa berbahaya. Orang yang mendengar bisa salah paham. Bukan kebaikan yang didapatkan tetapi sebaliknya. Kamu mau?” Sodik tidak mau ditawar.
“Seperti biasa Jon, sampai di mana terakhir kemarin ceritanya. Coba ingat-ingat lagi.”
“ Rasanya sampai nabi Yusuf diangkat dari sumur oleh Kafilah. Kemudian dibawa sebagai barang dagangan.” Jono tampak yakin.
“ Ini kata Pak Ical ya Jon. Setelah sampai di Mesir nabi Yusuf dijual hanya dengan harga beberapa dirham. Harga yang murah pada saat itu. Itu karena para kafilah itu tidak tertarik pada nabi Yusuf.” Sodik memulai.
“ Kenapa ya nabi Yusuf kok harganya murah di mata orang-orang Mesir?” Jono mulai aktif.
“ Ya begitulah. Nabi Yusuf dibeli oleh seorang pembesar kerajaan di Mesir. “Dan orang dari Mesir yang membelinya berkata kepada istrinya .”Berikanlah kepadanya tempat (layanan) yang baik. Mudah-mudahan dia bermanfaat untuk kita atau kita pungut sebagai anak. “Dan demikianlah kami memberikan kedudukan yang baik bagi Yusuf di Mesir. Dan agar kami ajarkan kepadanya takwil mimpi. Dan Allah berkuasa atas urusan-Nya. Tetapi kebanyakan manusia tidak mengerti.”(QS. Yusuf:21)
“Jadi nabi Yusuf mendapatkan mukjizat dapat menebak mimpi begitu dik?” Jono penasaran lagi.
“ Iya. Nabi Yusuf setelah dewasa memiliki ilmu dan kekuasaan. Nantinya dengan kemampuan menjelaskan mimpi selalu benar.” Sodik mengiyakan.
“ Tetapi ada masalah ternyata. Istri pembesar kerajaan Mesir itu menyukai nabi Yusuf. Dia menutup pintu rumah dan menggoda nabi Yusuf. Dia berkata, ”marilah mendekat kepadaku.” Nabi Yusuf berkata, “aku berlindung kepada Allah, sungguh tuanku telah memperhatikan aku dengan baik.” Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan beruntung.(QS. Yusuf;23)
“ Apa yang membuat istri pembesar kerajaan Mesir itu tertarik pada nabi Yusuf, dik? Apakah karena ketampanannya?” Jono mengejar terus.
“ Iya Jon. Nabi Yusuf itu ganteng pakai banget. Lha kamu, kita? Kebangetan gantengnya. Ya jadinya tidak jadi ganteng karena keterlaluan.” Sodik menjawab sambil tersenyum.
Sreet. Jono segera menoleh ke Sodik.” Maksudmu dik?”
“ Ya terlalu jauh lah Jon. Kalau kita dibandingkan kegantengannya dengan nabi Yusuf.” Sodik ngacir. Sementara Jono hanya bengong. “ aku tidak ganteng?” pikirnya.
Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 21/4/2021. Hari ke-9 Ramadan 1422 H. Selamat Hari Kartini.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *