Oleh: Abd. Samad

Alhamdulillah semoga kita senantiasa diberikan kesehatan dan kesalamatan. Semoga kita tergolong orang yang selalu bersyukur.

Dalam kesempan kali ini kita mencoba untuk menyimak salah satu sabda Nabi saw yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Rasulullah saw bersabda : حُرِّمَ عَلَى النَّارِ كُلُّ هَيِّنٍ لَيِّنٍ سَهْلٍ قَرِيبٍ مِنَ النَّاسِ “Diharamkan atas api neraka, setiap orang yang rendah hati, lemah lembut, mudah, serta dekat dengan manusia” (HR Ahmad).

Ada empat golongan manusia yang tidak disentuh oleh Api Neraka.

Mereka tergolong orang-orang yang berakhlak mulia. Memiliki kelembutan hati. Mereka yang membuat dunia ini menjadi tenteram. Tidak ada kekisruhan.

Semua menjadi terkendali. Andai setiap manusia memiliki sifat ini, maka bumi menjadi damai, tidak ada sengketa apalagi peperangan.

Ke empat golongan itu adalah:

  1. Hayyin

Hayyin adalah orang yang memiliki sifat tenang dan berwibawa, baik pada sikap lahir maupun batinnya. Tidak labil, tidak gampang emosi, tidak mudah marah. Dia memiliki sifat pemaaf. Selalu lapang dada.

Mereka yang memiliki sifat Hayyin hidupnya tenteram. Mereka telah membentuk dirinya dari banyak mengingat Allah.

Mereka sadar hanya dengan mengingat Allah, maka hidupnya pasti terkendali. Hidup ini pasang surut. Tidak selamanya mudan dan enak.

Mereka sadar bahwa apa pun karunia yang ada padanya semuanya karena karunia Allah. Tidak ada keangkuhan dalam hidupnya. Kesadaran inilah yang membentuk dirinya sehingga memiliki sikap Hayyin.

  1. Layyin

Layyin artinya lunak atau lembut. Kepribadian yang layyin adalah orang yang memiliki sifat lemah lembut.

Sifat ini lahir dari sikap rahmatan lil’alamin. Contohnya Rasulullah nabi Muhammad saw. Beliau manusia raufurrahim. Di dalam diri beliau tertanan empati, merasakan apa yang dirasakan oleh ummatnya. Beliau menginginkan kesalamatan atas ummatnya.

Nabi Muhammad saw adalah uswah, teladan yang harus ditiru. Sebagai ummatnya kita mesti mencontoh beliau.

Belajarlah untuk tidak kasar dalam bertutur dan bertindak. Kalau menulis tulislan untuk menumbuhkan kasih saying. Hindari cela dan caci maki. Tidak ada satu pun manusia yang mau dicerca. Tumbuhkan jiwa penyantun.

Di samping mencontoh Nabi saw, kita juga harus meneladani Allah swt. Allah selalu mendahulukan kasihNya, Dia Maha Pemaaf. Serulah Dia Yang Maha Lembut, Al Latiif. Dengan asma itu, kita berharap Allah menumbuhkan dalam jiwa kita kasih sayang pada sesama.

  1. Qarib

Qarib artinya dekat, akrab. Hidup penuh kekeluargaan. Senang bermusyawarah. Mereka yang memiliki keperibadian qarib adalah mereka yang membuat nyaman dengan sesame. Saling membahu dan berbagi. Tidak dihinggapi penyakit serakah. Gampang menolong.

Pertemanan semakin akrab. Dalam berteman bukan mencari keuntungan, tapi ingin selalu memberi.

Agar kepribadian ini tumbuh maka tumbuhkan sifat hayyin dan layyin terlebih dahulu dalam diri. Berendah hatilan dengan sesama. Hargai nilai kehidupan. Jangan pernah menyinggung perasaan teman. Jangan sakiti hatinya.

Berbuatlah dengan tulus, tidak mengharapkan imbalan dunia. Cukup dengan pemberian Allah yang tidak terhingga. Tumbuhkan semangat kekeluargaan, berdiri sama tinggi, duduk sama rendah.

  1. Sahlun
    Sahlun artinya mudah. Tidak ribet, tidak mempersulit. Yang sulit dijadikan gampang.
    Orang yang memiliki sikap sahlun adalah mereka yang mengaplikasikan doa “Ya Allah tidak ada yang mudah, kecuali yang susah Engkau telah jadikan mudah, mudahkanlah segala urusan”.

Semua dijadikan mudah. Hal ini lahir dari kelapangan hati. Jiwanya muthmainnah. Tenteraram dalam bertutur dan bertindak.

Belajarlah untuk terus bermudah-mudah. Jangan pernah menjadikan yang mudah menjadi susah. Tidak mempersulit keadaan. Belajarlah pada Allah yang senang memberikan ruksah kepada hambnya.

Nah itulah sekelumit pribadi yang bakal tidak disentuh oleh api neraka. Baik neraka dunia berupa kesempitan dan kekacauan hidup, maupun neraka akhirat berupa jahanam api yang sangat panas. Semoga kita tergolong pribadi tersebut.

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *