Oleh: Abd Samad

Tak terasa bulan Suci Ramadan 1442 H tinggil menunggu hari. Ummat Islam menantikan kehadirannya dengan gembira. Selamat datang wahai Ramadan.

Banyak ragam kebiasan ummat Islam, menyambut kehadiran bulan puasa. Ada yang mengadakan selamatan, kirim doa untuk arwah keluarga yang sudah mendahului.

Dengan kirim doa, kita berharap agar yang di alam kubur ikut merasa senang, dan diampuni segala dosa.

Bulan Ramadan merupakan bulan untuk meningkatkan nilai-nilai ketaqwaaan kepada Allah Yang Maha Kuasa. Didalamnya diwajibkan untuk melaksanakan puasa. Firman Allah swt :
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ
Artinya: Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa. (QS. Al Baqarah: 183

Puasa berarti menahan diri dari makan dan minum serta hubungan suami isteri di siang Ramadan, dengan niat yang tulus semata karena Allah SWT.

Hikmah berpuasa Ramadan diantaranya membersihkan jiwa, menyucikan serta membebaskannya dari segala dosa.

Selain kewajiban berpuasa sebulan penuh, seorang Muslim dianjurkan memanfaatkan bulan Ramadan untuk beribadah sebanyak-banyaknya, agar mendapat pahala berlimpah dan ampunan dari segala dosa.

Rasulullah SAW bersabda: مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ “Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan penuh perhitungan, maka dosanya akan diampuni oleh Allah.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Jauh-jauh hari seorang Muslim sudah berdoa, agar dipertemukan dengan bulan Ramadan.

Berikut ini, merupakan doa yang dibaca sejak awal bulan Rajab
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجب وَشَعْبَانَ ، وَبَلغنَا رَمَضَانَ

Ya Allah berkahilah kami di bulan rajab, sya’ban, dan sampaikan kami pada bulan ramadhan.”

Dengan berdoa berharap Allah memberikan keberkahan sepajang bulan rajab sampai bulan ramadhan.

Khusus menjelang awal Ramadan, dan malam ketika melihat hilal awal bulan Ramadan. Kita dianjurkan berdoa sebagai berikut:

اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله

Allahumma ahillahu ‘alainaa bil yumni wal Imani wassalamati wal islami Rabbi wa Rabbukallah.

Ya Allah kumohon hadirkan bulan ramadan kepada kami dengan penuh ketenteraman, kekuatan iman, sehat selamat, dan dengan kekuatan Islam, Tuhanku dan Tuhanmu Allah.

Doa di atas mengajarkan kepada kita agar ketika masuk bulan Ramadan hidup dalam keadaan tenteram, diberikan kekuatan iman, diberikan kesehatan dan keselamatan, juga diberikan kekuatan untuk mengamalkan ajaran agama Islam

Untuk melengkapi perbendaharaan doa menjelang Ramadan. Doa berikut ini juga bagus untuk diamalkan.
اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً
Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan”.

Semoga kita diberikan kesempatan untuk beribadah di bulan yang suci dan berkah ini.

Samboja,11042021

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *