banner 728x250

Berkahnya Bulan Istimewa

banner 120x600
banner 468x60

Berkahnya Bulan Istimewa
Maryati Arifudin, 6 Ramadhan 1442 H

Coba perhatikan lirik lagu Ramadhan Tiba. Hasil ciptaan karya seniman ternama, berupa lagu religi berisikan motivasi jiwa.

banner 325x300

Perhatikan! Potongan bait ke-6 lagu legendaris ditujukan untuk umat muslim di negeri tercinta. Nuansa ilmu agama disampaikan lewat melodi yang menarik. Ritme lirik lagunya lembut penyejuk mata hati bagi yang mendengarkannya.

Andaikan saja Ramadhan semua. Bulan yang tiba bulan yang ada. Karena besarnya setiap pahala. Yang di janjikan kepada kita.

Jujur lirik lagu itu membuat kita berpikir. Berpikir tuk segera mempersiapkannya menyambut kehadirannya. Karena hadirnya terasa istimewa setahun satu kali saja. Dan di bulan ini pahala akan dilipat gandakannya. Setiap amal kebaikan akan dilipat gandakan 10 sampai dengan 700 kali.

Biasanya lagu Ramadhan Tiba terdengar di mana-mana. Hari ini senandung itu hampir sirna. Tetapi sungguh! Gaya senandung komponis Opick tetap ku merasakan istimewa saat bulan puasa tiba. Lihatlah bait syair lanjutannya!

Banyakkan amal hari-harinya. Pahala datang berlipat ganda. Berlomba-lomba untuk ibadah. Dunia bahagia surga nantinya.

Bagaimana tidak terasa istimewa, jika pintu surga yang dijanjikan terbuka untuk umatnya. Bagi yang mau menjalankan ibadah puasa maka pintu surga tersedia. Bukan isapan jempol saja, namun janji kebahagian orang yang berpuasa itu nyata.

Nabi SAW bersabda, “Surga memiliki delapan pintu. Di antara pintu-pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa” (HR. Bukhari).

Kebahagian orang yang berpuasa ada dua kebahagian. Bahagia ketika saat berbuka puasa serta bahagia ketika ingin berjumpa Tuhannya. Janji setelah seseorang tiada pintu surga Ar Rayyan terbuka. Semoga dua kebahagian saat berpuasa kita dapat menggapainya.

Berkahnya bulan mulia, jangan sampai kita sia-siakan. Semua insan ingin lulus menjadi pribadi yang bertaqwa. Maka, perbanyak membuka pintu kebaikan. Dengan mengerjakan puasa dengan sebaik-baiknya, agar ada nilai puasa. Jangan sampai kita hanya mendapat lapar dan haus saja. Perhatikan lirik lagu lanjutannya! Mengingatkan tuk menjaga lisan dan mata agar puasa bermakna.

Dalam bersahur ada pahala. Dalam berbuka alangkah indah. Menahan diri menahan lidah. Menjaga hati menjaga mata.

Lirik lagu disamping mengingatkan puasa yang sia-sia, tetapi jua mengingatkan indahnya berbuka. Berbuka adalah suatu kebahagian yang tiada tara. Bagaimana tidak berbahagia?

Kita umat yang beriman dapat merasakan rasa lapar dan dahaga yang dialami oleh kaum dhuafa. Begitulah derita yang ditanggung oleh fakir dan miskin. Mereka sudah terbiasa tidak makan dengan sempurna. Mungkin hari ini bisa berbuka, entah kapan lagi mereka harus bertahun-tahun menahan lapar. Begitulah, ajaran mulia ini mengajarkan jiwa peduli terhadap sesama.

Kesempatan terbuka bagi seseorang yang ingin meraih berkahnya puasa. Tumbuhkan jiwa peduli terhadap sesama, apalagi membantu untuk kaum dhuafa. Cukup mengeluarkan rezeki yang ada pada kita. Kita bisa membelikan makanan pembuka puasa bagi masyarakat atau bagi kaum dhuafa.

Indahnya berbagi makanan pembuka puasa. Barang siapa memberi makanan bagi yang berbuka puasa, maka pahalanya sama dengan orang yang sedang puasa. Hikmah ini, hanya bisa dilakukan pada bulan ramadan saja.

Wajar saja, begitu banyak berkahnya bulan ramadhan tiba, maka banyak orang senang menyambutnya. Semua orang yang beriman pasti akan meminta, jika diizinkan dalam setahun semua bulan istimewa seperti bulan ramadhan.

Alahkah indahnya berkah bulan ramadhan. Sehingga semua orang mukmin sedunia senang menunggu kehadirannya. Para orang sholeh begitu ramadhan usai, mereka akan berdoa agar di sampaikan umurnya di bulan ramadhan tahun depan. Carilah berkahnya ramadhan tahun ini dengan kebaikan-kebaikan. Jangan disia-siakan.

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *