Oleh: Abd. Samad

Seseorang sering mendengar ucapan katanya  akan terjadi begini dan begitu. Hidup banyak dipengaruhi oleh katanya, yang belum tentu  katanya itu benar. Namun  seseorang sering terlanjur bingung atau takut terhadap isu katanya.

Sebagai makhluk berkesadaran tidak boleh bingung oleh isu katanya. Sebaliknya harus memantapkan pendirian positif di dalam diri. Tidak boleh tenggelam dalam kekhawatiran.

Manusia sebagai insan bertuhan harus percaya kepada ketentuan dan kekuasaan Allah.

Persaksian tentang adanya Allah, harus dengan sungguh-sungguh. Keyakinan bahwa Allah yang Maha Kuasa, mesti diperkuat. Yakin bahwa Allah Maha hadir, Dia Maha melindungi segala ummatnya.

Seseorang harus sadar, apa pun yang terjadi dalam kehidupan,  merupakan kehendak-Nya.

Kehendak Allah tak terbatas. Bila Allah menghendaki sesuatu cukup Dia berkata jadilah, maka akan terjadi.

Manusia sangat lemah, tidak semua kehendak dan keinginan manusia terwujud. Tidak semua rekayasa manusia akan terjadi. Jadi manusia tidak perlalu khawatir terhadap isu nagatif yang disebarkan oleh manusia liar tak bertanggung-jawab.

Tingkatkan keyakinan tentang La ilaha illahlah, tidak ada kekuasaan kecuali kekuasaan Allah.

Tidak ada yang mampu mencelakakan tanpa izinNya. Ingat bahwa La ilaha illallah itu adalah benteng Allah, siapa saja yang masuk dalam benteng-Nya pasti aman dari malapetaka.

Hanya Allah yang Maha Besar,  selain Allah kecil. Semuanya sama dihadapan Allah. Yang membedakan itu hanyalah ketaqwaan seseorang. Semakin taqwa akan semakin mulia.

Orang yang bertaqwa pasti akan diberikan jalan keluar setiap masalah yang ia hadapi. Tidak ada jalan buntu buat orang bertaqwa, selalu ada celah untuk bebas dari masalah.

Mari selalu berbenah diri, menghadapi segala kemungkinan dalam hidup ini.

Samboja, 30052021

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *