Oleh: Moh. Anis Romzi

Dalam sebuah pertandingan diperlukan strategi.KBBI V memaknai strategi dengan beberapa makna. Pertama ia  merupakan ilmu dan seni menggunakan semua sumber daya untuk melaksanakan kebijaksanaan dalam keadaan perang maupun damai. Makna yang lain adalah rencana yang cermat mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus.

Aneka macam strategi telah diciptakan. Salah satu strategi populer adalah adalah strategi dalam pertandingan sepak bola. Ada kemiripan antara tim sepak bola dan satuan pendidikan. Keduanya sama-sama melibatkan orang banyak. Ini memerlukan pengelolaan yang tepat. The right man on the right place. Penempatan posisi dengan orang yang tepat akan membawa kepada kemenangan. Dan inilah tujuan dari setiap pelatihan, pengembangan dan penempatan personil yang tepat.

Strategi permainan sepak bola untuk mencapai tujuan sekolah. Ada pembagian peran dengan kebutuhan masing-masing. Semua punya tugas yang berbeda, tetapi untuk tujuan yang sama. Semua peran harus dipahami semua anggota tim. Semua posisi adalah penting. Jika mereka bekerja pada posisi masing-masing dengan sempurna kemenangan telah di depan mata. Kemenangan sebuah tim adalah kemenangan bersama. Bukan milik perseorangan.

Kepala sekolah adalah pemegang ban kapten. Ia dapat berposisi di mana pun. Semua posisi dalam tim sepak bola pantas memegang ban kapten. Bisa saja seorang penjaga gawang, libero, midfielder, ataupun penyerang. Ini bergantung pada keahlian awal. Namun terpenting bagi Kepala sekolah dalam memegang ban kapten adalah kemampuan menjembatani kepentingan tim untuk menang. Sekaligus kemampuan untuk menjadi bijak menjadi penyemangat tim ketika dalam keadaan down. Semua posisi dapat memegang ban kapten.

Semua berawal dari setting the goal. Ya penentuan tujuan bersama tim memegang peran penting untuk kemenangan. Tim perlu mengenal kekuatan dan kelemahan diri sebelum mengenal kekuatan lawan. Ini penting untuk menutup kelemahan dan memberdayakan potensi saat pertandingan berlangsung. Kelemahan untuk ditutup sedangkan kekuatan untuk ditingkatkan. Memahami sasaran bersama adalah hal wajib. Setelah itu baru menentukan strategi pilihan yang sesuai.

Kapten perlu mengenal sumber daya secara komprehensif. Semua personil tentu memiliki karakter yang bervariasi. Bersama pelatih kapten merupakan penerjemah strategi di lapangan untuk mencapai kemenangan. Kepala sekolah laksana dirigen yang mengorkestrasi semua potensi tim. Ia wajib mengatur ritme tim agar berjalan pada strategi yang telah dicanangkan.

Dalam sepak bola kadang menyerang terkadang bertahan. Tidak ada yang konstan dalam perjalanan sebuah tim. Strategi menyerang dan bertahan sama pentingnya. Ini bergantung pada celah yang mungkin dimasuki dari lawan. Setelah fasih mengenal kekuatan dan kelemahan tim sendiri. Saatnya memperjuangkan kekuatan dan kelemahan lawan.

Penempatan pemain yang tepat menentukan keberhasilan. Jika gol sebagai tanda kemenangan, bukan berarti semuanya harus membukukan gol. Tanggung jawab terbesar mencetak gol adalah yang berdiri di garda terdepan. Memang mereka sengaja dipasang untuk itu. Bukti kinerjanya adalah berapa banyak ia dapat mencetak gol dalam pertandingan. Bukan hanya mencetak gol dari peluang yang mudah. Penyerang hebat mampu mengeksekusi peluang kecil menjadi sebuah kemenangan. Inilah yang dimaksud dengan memilih pemain yang tepat. Setiap pemain memiliki fungsi dan capain kinerja yang berbeda. Kembali semuanya untuk tujuan yang sama.

Supporter juga memiliki peran penting dalam upaya mencapai kemenangan. Mereka ibarat pemain ke-12 dalam sebuah pertandingan. Pendukung yang baik adalah mereka yang selalu ada untuk tim saat kondisi apapun. Menang dan kalah dalam sebuah pertandingan sesuatu yang lazim. Pendukung sejati tidak pernah sepi memberikan dukungan. Pada satuan pendidikan peran suporter ini dipegang oleh Komite Sekolah. Jangan sampai ketika menjadi supporter ndelok saja.

Strategi dalam pertandingan sepak bola untuk mencapai tujuan sekolah. Mungkinkah?

Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 24/11/2020

Ndelok akronim dalam Bahasa Jawa kendel alok ( berani komentar)

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *