Oleh: Moh. Anis Romzi

Empat kata pertama yang Anda lihat akan menjadi fokus pada 2021. Ini seperti sebuah kuis dalam pelajaran Bahasa Inggris. Saya mendapatkannya dari aplikasi facebook. Karena ini bertepatan dengan akhir tahun 2020, maka penting untuk merencanakan apa yang akan Anda capai pada tahun depan. Perencanaan adalah hal penting dalam tahapan manajemen. Baik itu dalam manajemen diri maupun tim. Manusia berhak merencanakan. Adapun hasil  adalah hak-Nya.’Barangsiapa gagal merencanakan, maka ia merencanakan gagal’. Ini pertama kali saya mendengar dari ceramah KH. Abdullah Gymnastiar (Aa Gym). Empat kata berikut dapat dijadikan rencana hidup Anda satu tahun ke depan. Selain itu ini dapat dijadikan acuan organisasi atau badan.

Lesson saya memaknai dengan pelajaran. Pun dapat pula diartikan dengan belajar. Saatnya kita banyak mengambil pelajaran dari kehidupan. Pelajaran boleh datang dari diri sendiri maupun orang lain. Dalam sebuah organisasi berlaku pula untuk belajar bersama. Situasi yang dinamis mengharuskan individu ataupun organisasi dapat beradaptasi dengan cepat. Khusus untuk satuan pendidikan, apabila ia ingin memiliki pengaruh dalam jangka waktu yang lama belajar adalah wajib. Siapa saja yang merasa puas dengan pencapaian yang ada maka ia akan terhenti.

Love adalah fokus kedua. Dalam Bahasa Inggris ini adalah kata kerja sekaligus kata benda. Tanda dari mencintai adalah fokus. Ia setia pada yang dicintainya. Jika ini dijabarkan maka akan memiliki makna yang sangat luas. Namun cinta juga dapat disempitkan. Cinta adalah panggilan jiwa. Ketika mencintai sesuatu seseorang akan rela melakukan apa saja. Dalam konteks pendidikan saya mengutip Abdullah Munir dalam spiritual teaching bahwa pengistimewaan adalah bentuk perhatian yang dilandasi cinta. Di mana saja Anda berada istimewa apa yang Anda cintai. Jika Anda pendidik maka istimewa murid, jika suami istimewakan istri, jika Anda Manajer istimewakan rekan kerja. Sambutlah cinta dengan sukacita pada tahun 2021.

Gratitude adalah fokus ketiga yang saya temukan. Kata ini bermakna rasa syukur atas segala yang kita terima. Anggap saja kata ini bermakna syukur. Perbesar rasa terima kasih kita atas segala pemberian-Nya. Rasa syukur tertinggi hanya pantas untuk-Nya. Qs. Ibrahim ayat 7: “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan,” Sesungguhnya jika kamu bersyukur niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari(nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku akan sangat pedih.” Jadi tidak ada alasan untuk tidak bersyukur. Jika Anda lupa, mulailah dari sekarang. Jadikan rasa syukur ini menjadi salah satu fokus kita tahun yang akan datang.

Connection adalah fokus keempat pada 2021.  Saya ingat pesan dosen saya saat yudisium pendidikan terakhir saya. Itu pada tahun 2006. “ Selain kecerdasan dan keterampilan masa yang akan datang adalah milik para pemilik jaringan.” Saat itu saya masih agak bingung untuk mencerna apa yang beliau maksud. Sekarang saya agak ngeh sudah. Namun ya belum terlalu. Penting untuk memiliki koneksi. Dalam makna positif tentunya. Bahwa koneksi yang banyak akan bermanfaat. Dalam bidang apapun. Saatnya menguatkan dan membangun jaringan untuk menguatkan. Pemilik jaringan adalah pemilik informasi. Fokuskan diri Anda dan organisasi untuk jaringan yang banyak, bermanfaat, dan saling menguatkan.

Empat kata di atas adalah pilihan personal saya. Namun jika bermanfaat tidak ada salahnya diaplikasikan sebagai fokus kita tahun yang akan datang. Temukan fokus Anda sekarang. Buktikan di tahun 2021.

Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 18 Desember 2020

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *