Oleh: Moh. Anis Romzi

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional  no 28 tahun 2010 Tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah. Bahwa Kepala Sekolah adalah tugas tambahan yang diberikan kepada guru. Dalm praktik proses pemberian tugas ini melewati berbagai macam cara. Ada yang berdasarkan kedekatan, politik, bahkan karena keadaan. Tidak ada pilihan lain misalnya. Tulisan ini mencoba mengurai salah satu kompetensi yang wajib dimiliki oleh seorang Kepala Sekolah. Ini adalah irisan dari kompetensi yang lain yakni, sosial, manajerial, supervisi, dan kewirausahaan. Terbaru seorang Kepala Sekolah hanya disyaratkan tiga kompetensi utama yakni manajerial, supervisi, dan kewirausahaan. Kompetensi kepribadian dan sosial dianggap melekat kepada tiga kompetensi utama tersebut.

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah kompetensi kepribadian. Ini meliputi sikap dasar pada diri Sang Kepala Sekolah. Kompetensi kepribadian yang pertama adalah mengembangkan budaya, dan tradisi, dan menjadi teladan akhlak mulia. Kompetensi diturunkan dalam beberapa indikator. Itu antara lain; melaksanakan ibadah sesuai kepercayaan yang dianutnya, sikap dan perilaku menjadi keteladanan warga sekolah, memiliki empati terhadap masalah yang dihadapi warga sekolah, mampu mengembangkan budaya salam, senyum, sapa dan sopan santun, adanya pengakuan dari warga sekolah terhadap keteladanannya.

Kompetensi kepribadian yang kedua adalah melaksanakan tugas pokok fungsi Kepala Sekolah dengan sikap kejujuran, ketulusan, komitmen, dan integritas. Sebuah sikap ideal yang mutlak dimiliki oleh seorang Kepala Sekolah. Dalam indikator bahwa komitmen dipersyaratkan tinggi dalam memimpin. Dalam.menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai Kepala Sekolah sikap dalam kompetensi ini harus melekat dalam diri Sang Kepala Sekolah.

Bersikap terbuka dalam melaksanakan tugas pokok fungsi sebagai Kepala Sekolah kompetensi kepribadian yang ketiga. Dalam praktiknya Sangat Kepala Sekolah terbuka menerima kritik, saran dan pendapat dari pihak lain. Keterbukaan adalah sikap yang berisi kesediaan menerima kritik, gagasan dan pendapat dari yang lain. Bisa dari semua, pendidik, tenaga Kependidikan, bahkan para peserta didik. Keterbukaan ini akan membawa kemajuan. Dengan terbuka akan sangat banyak informasi yang masuk. Dengan ini sekolah dapat menjadi organisasi yang kuat.

Kompetensi kepribadian yang keempat adalah mampu mengendalikan diri dalam menangani masalah dan tantangan sebagai Kepala Sekolah. Kematangan emosi penting dimiliki oleh Kepala Sekolah. Umumnya kematangan emosi dicapai di atas usia 40 tahun. Namun tidak selalu, bahwa kedewasaan adalah pilihan. Sedangkan usia itu niscaya.

Berpartisipasi dalam kegiatan sosial masyarakat adalah kompetensi kepribadian yang kelima. Ini berkaitan dengan aktivitas Sang Kepala Sekolah dalam kegiatan kemasyarakatan. Kepala Sekolah dituntut mampu menggalang dana untuj kegiatan sosial.

Keenam adalah tanggap dan peduli terhadap kepentingan orang lain atau kelompok. Kepala perlu menyadari dan memahami orang-orang di sekitarnya. Kepala Sekolah adalah pendorong keberhasilan rekam kerja.

Kompetensi kepribadian ketujuh adalah mengelola dan mengembangkan hubungan sekolah dengan pihak luar sekolah dalam rangka mendapatkan dukungan, ide, sumber belajar dan pembiayaan. Wajib bagi Kepala Sekolah menjaga hubungan baik dengan organisasi di sekitarnya..

Praktik-praktik aplikatif kompetensi kepribadian di sekolah. Dalam pelaksanaan harian kompetensi kepribadian Kepala Sekolah tidak dilaksanakan secara terpisah-pisah. Kompetensi ini adalah integral dalam diri Kepala Sekolah. Ketika dalam praktik kepemimpinan memiliki kompetensi kepribadian di atas keberhasilan memimpin telah tercapai 20%. Ini adalah modal dasar yang harus dimiliki oleh seorang Kepala Sekolah. Dari seperlima kompetensi ini akan mendorong Sang Kepala Sekolah untuk memiliki integritas, kejujuran, semangat, keterbukaan yang pada akhirnya mendorong untuk menguasai empat kompetensi yang lain.

Jika Anda seorang Kepala Sekolah, atau calon Kepala Sekolah ini dapat menjadi pintu masuk untuk memulai rencana pengembangan diri.  Siapkan menjadi pribadi yang berkompeten dari sekarang. Selamat bekerja dan berkarya untuk pendidikan Indonesia.

Jaya Makmur, Katingan, Kalimantan Tengah. 15/11/2020

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *