Oleh: Darul Baihaki

Walal aakhiratu khairul laka minal uulaa (dan sungguh kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu sehingga engkau menjadi puas)

Bahwa semua kelezatan yang ada di negeri akhirat itu lebih baik dibandingkan segala sesuatu yang ada di dunia.

Pada ayat ini Allah menjanjikan kepada nabi bahwa pada suatu saat Allah akan menambahkan dari kemuliaan yang satu ke kemuliaan yang lain, dari pangkat yang satu ke pangkat yang lain.

Maka dalam hal ini Allah berkata kepada Nabi : jangan engkau (Muhammad) menyangka sesungguhnya kami menipu engkau bahkan kami akan tambah engkau pangkat, kemulyaan dan keagungan adalah suatu anugrah dari Allah bahwa negeri akhirat lebih baik dari pana dunia. Karena orang – orang kafir di dunia selalu mencela engkau.

Adapun di akhirat kami (Allah) akan menjadikan umat engkau menjadi saksi atas umat yang lain (bahwa engkau adalah utusan Allah)  dan engkau menjadi saksi atas para nabi – nabi yang lain. Dan kami (Allah) menjadi saksi bagi engkau sebagaimana Allah berfirman وكفي باالله شهير ومحمر رسول الله

Wala saufa yu’tika robbuka fatardhaa (dan sungguh kelak tuhanmu pasti memberikan karunianya kepadamu, hingga engkau menjadi puas)

Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib dan Ibnu Abbas bahwa sesungguhnya kata karunia itu adalah syafaat (penolong) kepada umat nabi sebagaimana di riwayatkan, sesungguhnya nabi SAW sewaktu ayat ini diturunkan ia bersabda, “kalau seandainya saya tidak ridho maka saya membiarkan umatku berada di dalam neraka.”

Dan dari Jafar Shodik RA sesungguhnya nabi bersabda yang artinya saya ridho kalau umatku satupun tidak berada di neraka.

Disinyalir dari sabda-sabda nabi di atas tadi bahwa Allah menjanjikan kepada Rasulullah tentang masalah dunia bahwa Allah akanemberikan sesuatu diantaranya Allah memberi keuntungan berupa syafaat kepada orang-orang yang ikut dalam perang badar, berjuang dalam pembebasan kota Makkah (fathul Makkah) sehingga manusia berbondong-bondong masuk agama Isalam. Bisa mengalahkan kaum quraidzoh,kaum bani Nadhir dan para pembesar mereka. Jadi syfaat itu bagi mereka yang berjuang dalam menegakkan agama Islam.

14 November 2020

Sumber Tafsir Al Munir Syekh Nawawi Tanara

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *