Oleh: Moh. Anis Romzi

(First, make a habit, at last it will ask you)

Sebuah kalimat motivasi yang kuat untuk menumbuhkan kebiasaan. Itu adalah sebuah pengulangan. Dalam hal ini merepetisi dalam melakukan perbuatan baik. Ini memerlukan niat yang kuat. Tanpa dorongan yang kuat sulit untuk melakukan itu. Kata motivasi di atas dapat dipakai untuk memperkuat niat dari dalam diri. Jika itu tumbuh akan melahirkan tindakan yang luar biasa. Kebiasaan berbuat baik karena kesadaran diri.

Sebuah kebiasaan itu bisa baik atau sebaliknya. Untuk sebuah kebiasaan baik perlu pemaksaan pada awalnya. Kembali saya mengutip sebuah ceramah KH. Bahauddin Nur Salim, “ al-mukminu bayna al hasanatain” orang mukmin itu (selalu) berada di antara dua kebaikan. Maknanya setelah selesai melakukan kebaikan pikirkan lagi untuk melakukan kebaikan yang lain. Otomatis ini akan menjadi niat yang perlu diwujudkan.

Banyak fakta membuktikan bahwa keberhasilan berawal dari kebiasaan baik yang rutin dilakukan. Logika sederhana bahwa sesuatu dimulai dari yang sedikit. Bilangan dimulai dari yang terkecil yaitu 1. Sering kita hanya melihat sebuah kesuksesan sebagai ujungnya saja. Jarang kita memperhatikan sebuah proses dari awal sampai menjadi hasil. Ketika ini kita alami, akan sangat mungkin ada kesabaran akan turun. Tontonan media kita memang menyuguhkan yang demikian.

Fakta JK Rowling mampu menembus kesuksesan pada usia 54 tahun. Pada umur 29 tahun ia miskin, ibu tunggal, naskah buku Harry Potter miliknya ditolak oleh 12 penerbit buku. Pada tahun 2020 pada saat usia sudah kepala 5, ia menjadi penulis miliarder pertama. Ia telah berhasil menjual lebih dari 500 juta salinan di seluruh dunia. 25 tahun JK Rowling berproses menuju sukses sebagai penulis. Anda?

Membiasakan diri menulis setiap hari. Ini adalah sebuah tip. Saya mengatasnamakan penulis pemula. Untuk menjadi besar wajib dimulai dari yang kecil. Dalam hal menulis tidak ada yang langsung menjadi buku. Iti dimulai dari bab per bab. Caranya adalah membiasakan diri menulis. Diri harus dipaksa untuk menulis setiap hari. Ketika ia menjadi niat, maka akan menjadi kegiatan utama.

Ada yang hilang saat tertinggal satu hari tanpa menulis. Saat menulis menjadi kebiasaan, Anda akan merasa hilang ketika meninggalkannya. Ini yang saya maksud dengan kebiasaan itu akan bertanya kepada Anda. Kenapa Anda lalaikan menulis? Bukankah itu sudah menjadi kebiasaan.

Ada dorongan yang tidak terlihat mengingatkan saat sedikit kita abai pada kebiasaan menulis. Saya menganggap sebagai panggilan bawah sadar. Ia akan meneriaki ketika merasa ditinggalkan. Kembali ini karena kebiasaan itu telah menempel pada diri. Anda akan merasa bahwa menulis adalah aktivitas yang wajib untuk dilakukan.

Rawat kebiasaan baik menulis. Ini akan banyak memberikan manfaat. Baik manfaat itu berupa lahir dan batin. Materi dapat diambil sebagai salah satunya. Menulis dapat memudahkan penyelesaian pekerjaan. Dari sisi batin menulis dapat menimbulkan rasa lega dan tenang.

Pengalaman saya pribadi dengan merasa wajib menulis. Ini sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Banyak pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan tulis-menulis. Ketika itu sudah menjadi kebiasaan pekerjaan yang biasanya lama dapat terselesaikan dengan cepat.

Menulis juga dapat menjadi hiburan. Itu dapat mengeluarkan rasa dalam penat dalam diri. Jadikan menulis menjadi kebiasaan. Kebiasaan itu akan bertanya jika kita abai dengannya. Ini seperti teknik afirmasi yang ditanamkan dalam diri secara terus menerus. Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 11/11/2020

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *