Oleh: Moh. Anis Romzi

Adalah sebuah SMP kecil dari Kalimantan Tengah. SMPN 4 Katingan Kuala namanya. Terletak di desa Jaya Makmur, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan. Sekolah itu berdiri pada tahun 2014. Saat tulisan ini dibuat sudah berusia 6 tahun. Terletak di pemukiman eks transmigrasi Katingan 1, membersamai masyarakat menuju sejahtera.

Semangat untuk menyala walau berada di tepian. Dari pinggiran SMPN 4 Katingan Kuala ingin menyalakan semangat. Semua belajar bersama untuk kebaikan. Setiap inisiatif perbaikan dihargai. Semua ditujukan untuk anak-anak desa Jaya Makmur dan Makmur Utama. Berlokasi di pedesaan yang terisolasi adalah tantangan. Tidak ada yang bisa menghalangi niat yang kuat untuk maju. Dari pinggiran berusaha menyala walaupun kecil.

Sinergi yang positif terus dibangun. Komite Sekolah yang memberi dukungan penuh. Itu sangat membantu SMPN 4 Katingan Kuala untuk berkreasi. Dukungan masyarakat yang besar mampu menjadi kekuatan. Ini harus dimaksimalkan untuk kepentingan para pembelajar. Kepercayaan diberikan harus ditunaikan. Semua harus dilakukan bersama. Ini karena pendidikan adalah tanggung jawab bersama, negara, para pendidik, orang tua dan masyarakat.

Para pendidik muda yang profesional. Mereka memiliki semangat perubahan yang membara. Bersama belajar untuk perbaikan tiada henti. Semua memiliki peran dan tanggung jawab yang sama. Distribusi kepemimpinan telah diatur dan disepakati bersama. Aneka ide dan gagasan dirangkum setiap minggunya. Profesianalisme dikembangkan untuk peningkatan kompetensi diri pendidik.

Ragam prestasi yang telah diraih SMPN 4 Katingan Kuala. Prestasi skala nasional telah diraih salah satu pendidik. Bukan hanya sekali namun beberapa kali. Sedangkan untuk prestasi peserta didik masih tingkat provinsi. Penanda perbaikan adalah peningkatan. Belajar dari perjalanan banyak yang harus diperbaiki. Kembali semua untuk putra dan putri desa. Namun prestasi harus didasari sikap simpati.

Jangan pernah berhenti untuk berpikir memajukan sekolah. Ini menjadi motto semua warga SMPN 4 Katingan Kuala. Saat lelah boleh saja beristirahat. Namun semangat jangan istirahat. Ada harapan yang senantiasa digantungkan. Ia menunggu untuk diwujudkan. Anak-anak desa juga mempunyai cita-cita. Disparitas pendidikan antara kota dan desain harus diperkecil. Semua memerlukan kerja keras, cerdas, tuntas, dan ikhlas. Mudah diucapkan dan ditulis, namun sulit dilaksanakan. Penting, tidak ada yang tidak mungkin.

Perbaikan dan peningkatan yang kontinyu menjadi nilai bersama. Nilai yang akan dipegang terus-menerus. Semangat pada nilai ini adalah saling belajar. Pada makna yang lebih luas adalah saling berbagi informasi. Ketika ini dilakukan akan menjadi organisasi pembelajar yang kuat. Pembelajar sejati adalah mereka yang senantiasa belajar tiada henti. Dengan apapun, siapapun, kondisi apapun belajar tetap dapat dilakukan.

Keterbatasan sarana dan prasarana tidak menghalangi untuk berkreasi. Semua didiskusikan bersama untuk mencari solusi permasalahan. Dari masalah dapat mendewasakan seluruh warga belajar. Ini alan menjadi pengalaman bermakna dalam melewati pemelajaran.

Asa pendidikan dari pedalaman pesisir Kalimantan Tengah yang harus tetap dijaga. SMPN 4 Katingan Kuala berangkat dengan nilai-nilai kebersamaan. Nilai itu diafirmasi setiap pekan dalam ranah kognitif guru dan Karyawan. Nilai itu adalah;

  1. SMPN 4 Katingan Kuala mengutamakan para pelajarannya;
  2. Kepala Sekolah, Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMPN 4 Katingan Kuala bekerja dengan standar integritas profesional;
  3. Semua bekerja sebagai tim
  4. SMPN 4 Katingan Kuala memiliki komitmen terhadap peningkatan yang kontinyu;
  5. SMPN 4 Katingan Kuala memberikan kesempatan yang sama pada semua;
  6. SMPN 4 Katingan Kuala akan memberi mutu pelayanan tertinggi.

SMPN 4 Katingan Kuala, sekolah desa rasa kota.

Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 1/11/2020

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *