بسم الله االذي لا يضر مع اسمه  شيء في السماء ولا في الارض

 Adalah sebuah ceramah pendek dari Ustaz Adi Hidayat. Itu berisi tentang keyakinan yang kokoh kepada Allah Swt. Ceramah tentang keyakinan sumber kekuatan imun tubuh. Dikisahkan sahabat nabi Saw yang mempraktikkan ini adalah Khalid bin Walid r.a. Khalid datang ke Persia dan membacakan doa yang diajarkan nabi di atas. “Ini apa?” tanya Khalid.

“Itu adalah racun yang paling kuat di Persia” Jawab Ratu Persia.

Khalid meminum racun itu dan tidak terjadi apa-apa. Kembali keyakinan yang kuat Khalid mempraktikkan apa yang diajarkan nabi mampu melindungi dirinya. Racun paling kuat Persia tidak mampu melukai Khalid.

Penyakit jasmani bermula dari rohani yang tidak sehat. Maka jika ada seseorang yang mengalami penyakit berat, bukan fisiknya yang dibangkit dahulu melainkan keyakinannya untuk sembuh. Sejalan dengan itu Paul Hannah dalam Believe and Achieve menyatakan bahwa kesuksesan berawal dari keyakinan diri untuk sukses. Dua kasus berbeda dengan penyelesaian yang sama yakni keyakinan. Semua berasal dari penguatan rohani yakni keyakinan.

Jika zikir kita kuat bersandar pada Allah maka akan dijaga dengan penyertaan-Nya. Ini adalah penangkal segala kekhawatiran. Jika khawatir tentang rezeki Allah akan mencukupkan. Jika sakit Allah akan menyehatkan. Allah menyertai kita, tidak ada sesuatu pun di bumi dan di langit yang dapat memberikan manfaat sekaligus mudarat tanpa seijin-Nya.

Keyakinan adalah sumber kekuatan yang tidak terbatas. Ini karena Ia Sang Maha Tidak Terbatas. Segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi dalam penjagaan-Nya. Keyakinan yang kuat dapat membuat segalanya menjadi mungkin. Ini akan melahirkan keberanian, semangat yang amat kuat. Tidak satu pun yang dapat menghalangi. Yakini semua karena Dia.

Tidak ada kekhawatiran bagi yang berniat karena Allah. Banyak di antara kita yang merasa cemas. Beberapa penyebabnya adalah khawatir karena rasa lapar, kemiskinan, ataupun penyakit. Kekhawatiran inilah yang menyebabkan turunnya imun tubuh. Rene Des Cartes filosof menyatakan bahwa you are what you think. Anda adalah apa yang anda pikirkan. Saya menambahkan Anda adalah apa yang Anda yakini. Kembali keyakinan sumber kekuatan luar biasa dalam diri.

Penyakit yang berbahaya itu adalah penyakit ruh. Iri hati, dengki membuat sakit fisik dalam diri. Sakit rohani iri hati apabila terbawa di hati akan menjalar kepada fisik. Karena dengki dan iri pada seseorang membuat tidak enak makan, tidak enak tidur. Maka manusia diminta berlindung dari penyakit ini mulai dari subuh hingga malam hari. Jadi yakinkan diri bahwa Allah Maha Pelindung. Ia menjaga kita, bila kita mendekatkan diri kepada-Nya.

Jiwa yang sehat membawa dampak kepada fisik sehat. Banyak yang sehat secara fisik namun ruhnya tidak. Ini yang membawa kepada perilaku. Dalam kaidah ilmu linguistik bahwa orang bertindak atas kognisi yang ia miliki. Inilah yang menjadi dasar manusia bertindak. Kognisi bersumber dari keyakinan diri. Maka menjadi penting menjaga hati tempat bersemayamnya keyakinan. Rawat dengan doa, belajar, dan tindakan positif.

Semua pasti berharap mendapatkan yang lebih baik. Pikirkan dan yakinkan kita mampu untuk mendapatkannya. Siapa yang berharap baik akan mendapatkan kebaikan. Ini akan mendorong tindakan positif atas setiap yang kita lakukan. Sandarkan semua kepad Allah Yang Maha Segalanya. Jika pendekatan dan zikir kita kepada-Nya benar Ia akan menyertai kita dalam kehidupan hari ini dan yang akan datang. Keyakinan yang kuat sumber imun bagi tubuh.

Jaya Makmur, Katingan, Kalteng. 28/9/2020

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *