Panduan ke Jaya Makmur
Oleh: Moh. Anis Romzi

Jaya Makmur, sebuah desa di ujung selatan Kabupaten Katingan. Terletak dalam wilayah administrasi Kecamatan Katingan Kuala. Daerah ini dibuka untuk pemukiman transmigrasi pada tahun 1984.

Kini, usianya sudah lebih dari 30 tahun. Desa ini telah melalui berbagai ujian dan rintangan untuk berkembang. Saat ini, Desa Jaya Makmur telah menyala. Ia dikenal sebagai desa produksi beras.

Bersama dengan tetangganya di Katingan 1 (Terdiri dari Desa Jaya Makmur, Makmur Utama, Subur Indah, dan Bumi Subur), desa ini mendapat predikat sebagai lumbung beras Katingan. Bahkan, merupakan salahsatu lumbung beras Kalimantan Tengah.

Keempat desa ini telah mampu menghasilkan panen padi 2 kali setahun. Bahkan, beberapa petani Jaya Makmur berhasil memanen padi 3 kali setahun. Hasil panen mereka tidak hanya dikonsumsi sendiri. Tetapi, juga di distribusikan ke daerah lain.

Desa Jaya Makmur merupakan Eks pemukiman transmigrasi yang tidak dapat dijumpai rutenya di Google map. Karena memang tidak ada jalan darat untuk menuju Katingan Kuala. Pengunjung harus naik kendaraan air yang bernama klotok untuk singgah ke daerah ini.

Taraf hidup masyarakat yang bergantung pada pertanian mulai meningkat. Keterisolasian tidak menghalangi masyatakat untuk tetap berkarya.Biaya transportasi yang jumlahnya dua kali lipat tidak mengapa. Asa untuk masa depan putra-putri masyarakat Jaya Makmur harus tetap menyala. Sudah 30 tahun lebih sarana transportasi darat belum juga terwujud. Namun infrastruktur jalan tetap menjadi harapan. Biarkan Jaya Makmur bekerja dengan dunianya sendiri.
Berikut panduan bagi pembaca jika ingin ke Jaya Makmur.

Rute perjalanan dari sampit Kotawaringin Timur. Rute ini adalah yang utama. Hampir tiap hari perjalanan dari dan ke Jaya Makmur selalu ada. Namun hanya satu kali perjalanan pergi. Sangat jarang ada istilah pergi pulang. Kotawaringin Timur yang familiar kami sebut dengan Sampit. Ia adalah poros utama denyut nadi transportasi. Silakan berjalan mencari agen taksi klotok di sekitar Pusat Perbelanjaan Mentaya (PPM), para pembaca akan menemukan deretan klotok. Kendaraan utama menuju Katingan 1, termasuk Jaya Makmur.

Sebenarnya, ada jalan alternatif menuju pusat Kota Katingan. Jarak antara Jaya Makmur dan ibukota Katingan sekitar 200km. Jalur yang ditempuh hanya menyisir panjangnya sungai Katingan. Sayangnya rute ini tidak selalu tersedia. Hanya musim kemarau saja transportasi air dari dan ke Jaya Makmur ada. Silakan apabila ingin berkunjung ke Jaya Makmur lewat rute ini, datang saja ke dermaga di area pasar Kasongan. Catatan tidak setiap hari ada. Hanya musim kemarau saja, atau sistem sewa.

Jalur alternatif dari desa Baun Bango. Ini alternatif ketiga jika ingin mengunjungi Jaya Makmur. Sebenarnya jalur ini adalah memperpendek melintasi sungai Katingan. Ini karena jalan darat dari Kasongan ke Baun Bango sudah ada. Walaupun sebagiannya berupa Jalan tanah. Rute dari Jaya Makmur ke Baun Bango tidak tersedia, kecuali transit di Kecamatan Mendawai.

Saatnya membuka isolasi lewat wacana. Jaya Makmur dan beberapa desa di eks pemukiman transmigrasi Katingan 1 telah berkarya selama hampir 40 tahun. Beberapa telah menyumbangkan pendapatan daerah. Jaya Makmur desa berkembang yang berupaya menuju desa maju. Selamat datang di Jaya Makmur, Kecamatan Katingan Kuala, Kab. Katingan, Propinsi Kalimantan Tengah.

Jaya Makmur, 20/7/20

0Shares

By Admin

2 thoughts on “Panduan ke Jaya Makmur”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *