MARI BERKOPI

Oleh: Rara Nuringdyah

Kopi adalah minuman mendunia yang cukup banyak dikonsumsi manusia dewasa. Akan tetapi akhir-akhir ini kopi tidak hanya dikonsumsi oleh manusia dewasa saja, tetapi remaja dan dewasa muda pun mulai menggemari kebiasaan mengonsumsi kopi.

Di beberapa kota pelajar di indonesia, tempat universitas negeri berada, konsumsi kopi bisa dikatakan cukup meraja. Remaja muda dan dewasa muda banyak yang mengosumsi kopi dalam kesehariannnya. Entah hanya sekedar teman nongkrong, ataupun pendamping manis dalam mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah.

Kopi sendiri merupakan komoditas yang paling banyak diperdagangkan di dunia setelah minyak. Beberapa varian lokal ternyata juga mempunyai peminat yang cukup banyak. Di antaranya, Kopi Aceh Gayo, Kopi Toraja, Kopi Papua Wamena, Kopi Kintamani, Kopi Flores, Kopi Java Ijen, dan Kopi Riau.

Akan tetapi konsumen kopi lokal sendiri saat ini sebagian besar justru maih peminat kopi di tahap pemula. Mereka mengonsumsi minuman tersebut bukan karena tertarik varian rasa murninya, akan tetapi lebih karena kemasan, tren di dunia sosial, tempat jual yang nyaman dan instagramable, dan juga varian rasa beragam yang kadang bahkan tidak terlalu kopi banget.

Varian-varian yang diminati seputar, Cappucino, Moccacino, Caramel Latte, Vanilla Latte, dan beberapa varian tipis lainnya. Jarang dari peminat pemula ini yang mengonsumsi Espresso misalnya.

Dan kadangkala pula varian kopi yang dijual di kafe-kafe lokal tersebut adalah kopi pabrikan di mana pada bahannya, persentase kopi yang tercantum hanya sedikit dan kadangkala hanya sebagai perisa.
Jadi, apakah kita termasuk peminat kopi murni atau hanya pemula tipis-tipis?

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *