BUBUR AYAM PLUS SARANG WALET

Oleh: Yani Lestari

Kadang lidah ingin mengubah rasa … Apalagi saat raga tak berdaya … Sahabat, mungkin ini bisa jadi solusinya… Saat kondisi tubuh seseorang tidak fit, kadang nafsu makan menurun. Untuk membangkitkan nafsu makannya diantaranya bisa dengan mengkonsumsi bubur. Berbagai macam bubur yang bisa kita nikmati, ada bubur nasi sayur, bubur ayam, bubur sumsum bubur candil dan lain-lain.

Kali ini saya akan membagikan resep bubur ayam plus sarang burung walet. Sarang burung walet selain enak rasanya juga banyak manfaatnya untuk kesehatan. Berikut ini manfaat sarang burung walet menurut tinjauan dr. Yusra Firdaus (Dokter Umum):

  1. Kaya asam amino
    Liur untuk membuat sarang terbuat dari protein khusus yang mengandung berbagai macam asam amino, seperti:
    • Asam aspartat dan prolin yang berguna untuk regenerasi sel.
    • Sistein dan fenilalanin, untuk meningkatkan kerja memori, kerja impuls saraf, dan kerja penyerapan vitamin D dari sinar matahari.
    • Tirosin, untuk mempercepat pemulihan setelah sakit.
    • Glukosamin, untuk membantu proses pemulihan tulang rawan.
    Beberapa di antaranya merupakan asam amino yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh dan harus diperoleh dari makanan. Itu kenapa sarang burung walet menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan asam amino Anda.
    Sarang walet juga mengandung glikoprotein yang lebih mudah larut, serta mengandung antioksidan yang lebih tinggi dibanding kandungan dalam sup ayam dan ikan.
  2. Sumber mineral yang baik
    Sarang burung walet juga diperkaya oleh berbagai mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Di antaranya mangan, tembaga, seng, dan kalsium.
    Mineral mangan bertugas untuk membantu pertumbuhan tulang, penyembuhan luka, sekaligus melancarkan proses metabolisme karbohidrat, kolesterol, dan asam amino di dalam tubuh. Mangan juga berfungsi untuk mengaktifkan dan memastikan enzim bekerja dengan baik di dalam tubuh Anda.
    Sementara tembaga berperan menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Tembaga juga mengoptimalkan fungsi kekebalan tubuh, serta meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.
    Bagi tubuh, asupan kalsium yang mencukupi berperan menjaga kesehatan tulang dan persendian, serta mengatur proses pembekuan darah. Tak lupa ada mineral kromium yang berperan membantu penyerapan nutrisi di usus.
  3. Mencegah resistensi insulin
    Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi sarang walet secara rutin dapat mencegah resistensi insulin pada orang-orang yang terbiasa makan makanan berlemak. Resistensi insulin adalah salah satu faktor risiko terbesar dari penyakit diabetes.
    Kandungan nutrisi dalam sarang walet dapat membantu mencegah otak melepaskan sinyal yang memperbanyak produksi insulin sebagai respon dari asupan lemak berlebihan. Sarang walet juga berpotensi memelihara kerja metabolisme tubuh untuk memecah lemak lebih efektif.
    Meski penelitian ini baru diujicobakan pada hewan lab, tapi tidak menutup kemungkinan akan memiliki hasil yang serupa bila dikonsumsi oleh manusia.
  4. Tinggi antioksidan
    Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Letters In Health and Biological Sciences melaporkan bahwa sarang walet termasuk makanan tinggi antioksidan. Antioksidan adalah senyawa aktif yang bermanfaat untuk melawan efek radikal bebas, penyebab berbagai penyakit kronis.
  5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
    Manfaat sarang burung walet lainnya adalah penurunan risiko penyakit kardiovaskular. Penelitian terbitan jurnal Drug Design, Development and Therapy tahun 2015 melaporkan sarang walet berpotensi menurunkan resiko pengentalan darah (hiperkoagulasi) akibat kolesterol tinggi. Masalah pembekuan darah adalah salah satu penyebab paling umum dari penyakit kardiovaskular.
    Penelitian tersebut juga menunjukkan menunjukkan sarang walet memiliki efek yang mirip dengan simvastatin (obat penurun kolesterol). Namun, sarang walet tidak menunjukkan kecenderungan memperburuk kerja metabolisme.
  6. Meningkatkan daya tahan tubuh selama kemoterapi
    Sarang burung walet sudah sejak lama dianggap sebagai makanan peningkat daya tahan tubuh di negara asalnya, Tiongkok (RRC). Nah, penelitian yang dimuat dalam jurnal Drug Design, Development and Therapy tahun 2016 menemukan bahwa sarang walet secara spesifik membantu daya tahan tubuh selama kemoterapi.
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi sarang burung walet rutin selama 30 hari dapat meningkatkan kekebalan imun dalam usus yang melemah akibat kemoterapi. Senyawa dalam liur burung walet juga dilaporkan bekerja mengurangi cedera pada jaringan usus yang disebabkan oleh efek samping obat cyclophosphamide.
  7. Meredakan peradangan
    Gangguan autoimun seperti diabetes, rheumatoid arthritis (rematik) dan penyakit radang usus telah dikaitkan dengan peningkatan kadar TNF-α (Tumor Necrosis Factor- alpha).

Sahabat, setelah mengetahui manfaat sarang walet, kini saatnya kita memasak bubur ayam plus sarang waletnya…

Bahannya:

Beras 1 liter

Sarang burung walet ½ buah

Santan kental 1 liter

Kaldu ayam 1 liter

Garam secukupnya

Cara memasak:

Rebus beras yang sudah dicuci bersih dalam panci presto menggunakan air kaldu ayam selama 10 menit setelah panci mendesis (jika tidak ada panci presto bisa direndam lebih dulu)

Tambahkan santan dan garam kemudian rebus kembali sambil terus diaduk.

Jika bubur sudah lembut masukkan sarang walet yang sudah dibersihkan dan di blend.
Bahan dan bumbu halus kuah kuning:

Santan kental 1 liter

Bawang merah 7 siung

Bawang putih 5 siung

Kemiri 3 butir

Kunyit 1 ruas jari
6 Gula dan garam secukupnya

Minyak goreng 2 sdm

Daun salam 3 lembar

Cara memasak kuah:

Haluskan Bamer, Baput, kemiri dan kunyit..

Tumis bumbu sampai harum dan tambahkan daun salam

Masukkan santan dan aduk terus sampai mendidih.

Tambahkan gula dan garam.
Sahabat… sajikan bubur dalam mangkuk beserta pelengkapnya yaitu ayam suwir, telur, kentang wortel rebus, seledri, bawang goreng serta kerupuk. Biar lebih maknyuss tambahkan sambal beserta perasan jeruk. Selamat mencoba.. semoga tetap sehat jiwa dan raga…

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *