Sekolah Kecil Semangat Besar
Oleh: Moh. Anis Romzi

Adalah sebuah SMP kecil di pedalaman Kalimantan Tengah. Sekolah itu bernama SMPN 4 Katingan Kuala.

Sekolah yang didirikan pada tahun 2014 merupakan sekolah negeri terakhir yang ada di desa Jaya Makmur, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan. Sekolah ini adalah metamorfosa dari SMP Sadar Bhakti 2. Sekolah swasta yang diselenggarakan masyarakat setempat.

Kiprah warga sekolah mengejar cita dan asa. Anak-anak desa di daerah pemukiman transmigrasi Katingan 1. Sekolah yang didirikan sarat perjuangan tak kenal lelah para pendahulu. Dengan satu harapan yakni setara pendidikan anak-anak desa dengan belahan pulau yang lain. Semangat pantang menyerah telah menjadi nyata. Sebuah sekolah untuk menggantungkan cita-cita anak- desa.

Dukungan masyarakat yang tak ternilai harganya senantiasa ada. Masyarakat bahu-membahu memberikan dukungan yang tak berkesudahan. Sekolah ini milik bersama masyarakat dan negara. Kekuatan dukungan inilah yang menjadi salah satu kekuatan besar untuk memajukan pendidikan. Diskusi, mediasi dan penyediaan fasilitas diusahakan bersama. Pikiran, tenaga disumbangkan untuk putra-putri tercinta. Kerjasama yang indah antara pengelola sekolah dan masyarakat.

Sekolah kecil melakukan hal kecil yang bermanfaat. Kata kuncinya adalah istiqomah. Warga sekolah bisa saja salah, itulah sejatinya belajar. Terus berusaha memperbaiki setiap kesalahan untuk kebaikan. Nilai luhur kebersamaan terus digaungkan. ‘Kita’ mengutamakan para pelajar kita. Para pemelajar adalah pengguna jasa utama untuk dilayani. Tentu dengan semangat memberikan kesempatan yang sama pada semua. Sekolah ini kecil, tetapi semangat besar.

Semangat untuk berkarya dan menyamakan diri dengan sekolah yang lain. Sekolah muda dengan sumberdaya muda menyalakan semangat pantang menyerah. Tidak hanya sebatas kompetisi, namun kolaborasi harus dibangun di semua lini. Distribusi kewenangan mendewasakan semua kalangan untuk berani mengambil keputusan. Bertanggung jawab bersama dalam menyikapi sebuah kegagalan. Semangat untuk belajar dan berkarya adalah komitmen bersama semua warga sekolah.

Belajar dengan siapa saja terus dilakukan. Terkadang meniru, saat lain berinisiatif mandiri untuk kemajuan. Keterisolasian wilayah boleh menjadi halangan, namun tidak menyurutkan semangat. Ini adalah tantangan yang harus dituntaskan. Semua setara mengeluarkan gagasan terbaik.
Pengambilan keputusan berbasis data adalah kunci melahirkan langkah strategis untuk perbaikan. Kepada siapa saja boleh belajar.

Sekolah berusaha memberdayakan semua sumber daya. Baik itu sumber daya manusia maupun sumber daya alam. Diisi oleh para pendidik muda yang enerjik dan penuh semangat. Sekaligus berkah alam berupa suburnya tanaman pangan yang dikelola masyarakat. Keduanya menggambarkan keberkahan yang luar biasa dari Sang Maha Kuasa. Ini harus disyukuri dengan pemanfaatan yang tepat. Agar keberkahan sumber daya alam dan manusia bisa saling bersinergi.

Setiap warga sekolah wajib memberikan yang terbaik dalam berkarya. Ini adalah sarana pengabdian, belajar dan berkarya. Semangat ini harus tetap menyala. Memberikan yang terbaik adalah cita-cita mulia. Ini harus ada di dalam jiwa semua warga sekolah. Ketika semua berupaya memberikan yang terbaik, hasil yang terbaik pula yang akan didapatkan. Hanya tinggal menunggu waktu.

SMPN 4 Katingan Kuala adalah laboratorium sosial masa depan masyarakat desa. Keberhasilan masa depan boleh diprediksi dari apa yang dilakukan komunitas pendidikan hari ini. Segala benih kebaikan dan kualitas harus dimulai dari sekarang. Tidak ada kata menunggu, karena waktu tidak bisa berulang.

Komitmen untuk melakukan perbaikan yang berkelanjutan adalah keharusan. Evaluasi sebagai sebuah siklus manajemen senantiasa dilakukan. Dasar evaluasi dijadikan landasan untuk melahirkan sebuah kebijakan dan program.

Daerah pedesaan, keterisolasian, bukanlah penghalang untuk berbuat yang terbaik. Inilah kami SMPN 4 Katingan Kuala, sekolah kecil dengan semangat besar.
Jaya Makmur, 04/7/2020

0Shares

By Admin

One thought on “Sekolah Kecil Semangat Besar”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *