Ketika Si Masker Bertengger di Wajah
Oleh : Cicik

Ketika Si Masker bertengger di wajah kita ada satu hal yang akan berkurang dari shadaqah kita, yaitu “Senyum.” Shadaqah termurah dan termudah yang dianugerahkan Allah untuk hamba-Nya. Betulkah?

Semenjak kehadiran Covid-19, tamu tak diundang itu dalam kehidupan kita, kita pun akrab dan semakin akrab dengan “Masker.” Selapis atau dua lapis kain bertali menemani aktivitas kita. Si Masker menutup hidung, mulut hingga dagu kita.

Memakai masker saat kita beraktivitas di luar rumah menjadi salah satu bagian dari protokol kesehatan cegah penyebaran covid-19. Sebagai warga negara dan muslim yang baik maka kita wajib untuk taat kepada keputusan alim ulama dan umara kita. Jadilah separuh wajah kita tertutupi oleh Si Masker. Hingga muncullah celetuk seperti di alenia pembuka.

Yuk, coba kita pahami salah satu hadist yang kita dapati terkait “Senyum.” Rasulullah pernah bersabda, diriwayatkan dalam Hadits Riwayat Muslim, yang berbunyi: 

 «لَا تَحْقِرَنَّ مِنَ الْمَعْرُوفِ شَيْئًا، وَلَوْ أَنْ تَلْقَى أَخَاكَ بِوَجْهٍ طَلْقٍ»

“Janganlah engkau meremehkan kebaikan sedikitpun, meskipun hanya dengan bertemu dengan saudaramu dengan wajah yang berseri”. (H.R. Muslim no 2626).

“… wajah yang berseri” menunjukkan bahwa seluruh bagian wajah kita bisa melukiskan “Senyum.” Senyum tidak hanya ditunjukkan oleh bibir saja…namun seluruh bagian wajah kita dapat memperlihatkan “senyum.” inilah yang dikatakan “berseri” yakni senyum tulus yang memenuhi wajah kita.

Di wajah kita ada hidung, bibir, dahi, pipi, alis, dagu, dan mata kita. Ironisnya separuhnya tertutupi oleh Si Masker. Tak apa, masih ada mata, alis dan dahi kita. Kita masih mempunyai senyum untuk kita berikan kepada saudara kita melalui mata, alis dan dahi kita. Wajah kita masih dapat berseri walau separuhnya tertutupi. Maka, tak ada alasan lagi kita tidak dapat bershadaqah dengan senyum kita karena kehadiran Si Masker. Tetaplah tersenyum…tetaplah tunjukkan “seri” wajahmu… pada saudaramu.

0Shares

By Admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *